• KANAL BERITA

Awas! Beredar Informasi Hoaks Aksi Teror di Berbagai Daerah

Ilustrasi: Istimewa
Ilustrasi: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Polisi akan mengusut penyebaran informasi hoaks tentang aksi teror di beberapa daerah di Indonesia.

"Nanti kami akan coba selidiki dari Direktorat Siber dan Multimedia (Biro Multimedia Divisi Humas Polri). Akan kami kerahkan untuk selidiki penyebar hoax," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/5).

Setyo juga mengimbau masyarakat yang mendengar informasi tentang peristiwa teror tidak mudah menyimpulkan ada bom di balik peristiwa itu dan menyebarkan ke jejaring sosial.

"Artinya gini, kewaspadaan itu boleh saja, tapi jangan cepat-cepat, terus ambil kesimpulan ada bom. Waspadanya harus, jadi jangan cuek-cuek kalau ada tas mencurigakan, jangan dibiarkan saja. Lapor ke petugas keamanan setempat atau terdekat," jelas Setyo.

Beberapa informasi aksi terorisme yang dinyatakan hoaks antara lain bom di bandara Ahmad Yani Semarang, bom di Duren Sawit, Gereja Paroki-Yayasan Santa Anna, dan pesan berantai mengatasnamakan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Densus 88 Polri untuk menghindari sejumlah mal.

 


(DTC/CN26/SM Network)