• KANAL BERITA

Jika Revisi Tidak Selesai, Presiden Bakal Terbitkan Perppu Terorisme

Foto: Antara
Foto: Antara

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada DPR dan Kementerian-kementerian yang terkait, segera merampungkan revisi Undang-Undang Tindak Pidana Terorisme.

Ia mengultimatum akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang jika hingga Juni revisi tidak juga dirampungkan.

Presiden mengingatkan, draf revisi UU Tindak Pidana Terorisme sudah diajukan pemerintah pada bulan Februari 2016 yang lalu. Artinya sudah 2 tahun lewat.

"Karena itu kami minta DPR dan kementerian terkait untuk segera diselesaikan secepat-cepatnya dalam masa sidang berikut. Yaitu di 18 Mei yang akan datang," pinta Presiden di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin (14/5) pagi.

Presiden menegaskan revisi itu penting karena merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, bagi Polri untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam tindakan.

"Kalau nantinya di bulan Juni, di akhir masa sidang ini belum segera diselesaikan, saya akan keluarkan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang)," katanya.

Jokowi mengakui setelah kejadian di tiga lokasi di Surabaya kemarin, tadi malam ada satu kejadian lagi di Sidoarjo, dan pagi hari ini baru saja terjadi lagi bom bunuh diri di Surabaya.


(Fauzan Jayadi/CN33/SM Network)