• KANAL BERITA

Nilai Investasi di Sleman Meningkat

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Perkembangan nilai investasi di Kabupaten Sleman mengalami kenaikan. Dilihat dari keberadaan unit usaha Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang tahun 2017, jumlahnya telah mencapai 70 unit atau meningkat 6,06 persen dibanding tahun 2016.

Sedangkan unit usaha penanaman modal dalam negeri (PMDN), jumlahnya mencapai 77 unit atau naik 28,33 persen dari tahun 2016. "Pemerintah daerah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung iklim usaha yang kondusif. Kami senantiasa terbuka karena Sleman masih menyimpan banyak potensi yang belum digali," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Senin (14/5). 

Namun dia juga mengingatkan investor agar memegang komitmen untuk memanfaatkan tenaga kerja lokal. Sementara itu, Kepala DPMPPT Sleman Sutadi Gunarto mengatakan, investasi memiliki peran yang strategis untuk meningkatkan perekonomian daerah. Melalui kegiatan investasi akan dihasilkan produk barang dan jasa, ketersediaan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. 

"Dalam pengembangannya perlu ada kesepahaman antara instansi terkait maupun dengan pemerintah dan pelaku usaha, baik penanaman modal asing maupun dalam negeri,” ujarnya.

Dia juga mengimbau para investor agar memperhatikan kewajiban yang harus dilakukan yakni menyampaikan pelaporan kegiatan penanaman modal sesuai dengan Perka BPKM RI Nomor 13 Tahun 2017.(Amelia Hapsari)
 


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)