• KANAL BERITA

Rekrutmen Pegawai PDAM Kebumen Dijamin "Bebas Titipan"

POTENSI AKADEMIK:  Sebanyak 106 calon pegawai PDAM Tirta Bumi Sentosa yang lolos seleksi administrasi  mengikuti tes potensi akademik di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu (13/5). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
POTENSI AKADEMIK: Sebanyak 106 calon pegawai PDAM Tirta Bumi Sentosa yang lolos seleksi administrasi mengikuti tes potensi akademik di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu (13/5). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com -  Rekrutmen pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kebumen patut dicontoh BUMD lain. Bagaimana tidak, rekrutmen calon  pegawai dilakukan dengan sistem terbuka.  Bahkan pihak PDAM  menggandeng lembaga independen  AFE Consultant Yogyakarta untuk menangani seleksi calon pegawai.

Menurut Direktur PDAM Kebumen Zein Musta’in, sistem terbuka dalam rekrutmen calon pegawai merupakan yang pertama kali. Tak tanggung-tanggung, dia menjamin bahwa proses rekrutmen calon pegawai PDAM bersih dari KKN termasuk adanya calon pegawai titipan dari pihak-pihak tertentu.

"Melalui sistem ini diharapkan kami mendapatkan calon pegawai yang benar-benar mumpuni di bidangnya masing-masing," ujar Zein Musta’in kepada Suara Merdeka di sela-sela meninjau  pelaksanaan tes potensi akademik bagi calon pegawai di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu (13/5).

Lebih lanjut, Zein menambahkan bahwa dari 203 pelamar, sebanyak 105 orang dinyatakan lolos mengikuti tes potensi akademik. Peserta 50 % berasal dari Kebumen. Sisanya dari kabupaten sekitar seperti Purworejo, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara. Namun ada pula pelamar yang berasal dari luar pulau Jawa.

"Peserta termuda berusia 21 tahun dan yang tertu 30 tahun kurang dua bulan," ujar Zein Musta'in Kabag Teknik Husni dan Kabag Umum Suparno. 

Materi Tes

Adapun materi tes tertulis tersebut meliputi pengetahuan umum, Bahasa Inggris, logika, tes kepribadian terkait kesesuaian dengan  bidang kerja. Hasil tes tertulis akan diumumkan pada 18 Mei 2018 dan bagi yang lolos akan mengikuti tes psikologi, kesehatan dan wawancara. "Harapannya setelah Lebaran, pegawai baru sudah mulai aktif bekerja," ujar Zein Mustain menyatakan pihaknya akan melakukan rekrutmen secara rutin menyesuaikan rasio dengan pelanggan yakni 3-4 karyawan per 1.000 pelanggan.

Saat ini terdapat empat formasi yang dibutuhkan yakni programer berpendidikan minimal S1 Teknik Informatika/Komputer,  Akuntansi berpendidikan minimal S1 Akuntansi, bidang teknik berpendidikan minimal S1 Teknik Sipil atau Teknik Lingkungan, Hubungan Langganan berpendidikan minimal D3 Pemasaran/Manajemen/Komunikasi, Sekretaris berpendidikan minimal D3 Sekretaris/Manajemen. Standar nilai akademik yang ditetapkan cukup tinggi yakni Indek Prestasi Kumulatif (IPK) teknik minimal 3,00 dan non teknik minimal 3,25.

"Kami menjamin proses pendaftaran calon pegawai berlangsung secara terbuka dan transparan agar diketahui masyarakat secara luas," katanya. (Supriyanto)


(Supriyanto/CN39/SM Network)