• KANAL BERITA

Partai Nasdem Fasilitasi Pembuatan SIM D untuk Penyandang Difabel

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JEPARA, suaramerdeka.com - Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Jepara memfasilitasi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D untuk penyandang difabel.

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Jepara Nur Hidayat, mengatakan jumlah penyandang difabel yang difasilitasi membuat SIM D pada hari Sabtu (12/5) sebanyak 33 orang.  

Puluhan kaum difabel tersebut, sebagain ada yang tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa dan kelainan fisik lainnya. Pembuatan SIM D gratis digelar di Gedung Satlantas Polres Jepara, Sabtu (12/5).      

Rencananya, lanjut dia, pekan depan akan diadakan lagi pembuatan SIM D gelombang kedua. "Semoga lebih banyak penyandang difabel yang memiliki SIM D," ujarnya.     

Ia mengatakan, selain untuk mendukung program tertib berlalulintas, upaya Fraksi Partai Nasdem DPRD Jepara memfasilitasi pembuatan SIM D terhadap penyandang difabel juga dimaksudkan agar warga berkebutuhan khusus bisa lebih produktif.      

Menurut dia, kegiatan ini digelar setelah pihaknya menerima banyak masukan dari berbagai elemen, khususnya penyandang disabilitas. Meskipun kendaraan mereka sudah dimodifikasi menjadi roda tiga, namun warga berkebutuhan khusus tersebut kurang leluasa beraktivitas karena belum mengantongi SIM D.     

"Mudah-mudahan, setelah mereka mengantongi SIM D bisa lebih produktif dan aktif dalam kehidupan sehari-harinya," ujarnya.   

Selain itu, kata dia, para penyandang difabel yang difasilitasi mendapatkan SIM D juga diberi bingkisan untuk meringankan beban mereka selama memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya selama Ramadhan.     

 


(Ant/CN39/SM Network)