• KANAL BERITA

Wonoroto Deklarasi Kelurahan Peduli HIV/AIDS

Petugas medis memeriksakan kondisi kesehatan sejumlah ibu rumah tangga di Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang, Wonosobo saat pemeriksaan VCT di balai kelurahan setempat, baru-baru ini. (Foto: suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Petugas medis memeriksakan kondisi kesehatan sejumlah ibu rumah tangga di Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang, Wonosobo saat pemeriksaan VCT di balai kelurahan setempat, baru-baru ini. (Foto: suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Pemerintah Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang, Wonosobo telah mendeklarasikan diri sebagai Kelurahan Peduli HIV/AIDS. Berbagai terobosan dilakukan guna menanggulangi penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya tersebut, seperti halnya dengan memberikan edukasi kepada generasi muda serta melakukan pemeriksaan voluntary counselling and testing (VCT) kepada para ibu rumah tangga.

Kepala Kelurahan Wonoroto, Marsudiyono menyebutkan, deklarasi Kelurahan Peduli HIV/AIDS telah diperkuat dengan adanya Peraturan Kepala Kelurahan tentang Peduli HIV/AIDS.

"Dengan aturan ini, semakin menguatkan kami melakukan kegiatan-kegiatan baik pencegahan, penanganan dan pengobatan kepada para penderitanya. Kami akan berupaya maksimal mencegah agar penyakit itu tidak ada di wilayah kami," ujar dia.

Pihaknya berupaya maksimal mewadahi aktivitas generasi muda dengan hal-hal positif, agar mereka lebih terarah dan terhindar dari kegiatan negatif, baik pergaulan bebas, seks pra nikah, minum-minuman keras, narkoba maupun kenakalan remaja lain.

"Kami menjembatani mereka untuk aktif berorganisasi serta terus mengedukasi mereka agar benar-benar menghindari perilaku negatif yang justru merugikan dirinya sendiri," bebernya.

Bagi pasangan usia subur, khususnya ibu rumah tangga, pihaknya berupaya memeriksakan kesehatan organ dalam mereka, seperti halnya dengan pemeriksaan VCT. Pemeriksaan yang dilakukan dengan menggandeng puskesmas dan rumah sakit tersebut sangat penting sebagai langkah penanganan mendeteksi dini adanya penyakit HIV/AIDS. 

Untuk saat ini pihaknya belum menemukan kasus HIV/AIDS di lingkungan kelurahan tersebut, namun penyakit tersebut masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan.


(M Abdul Rohman/CN41/SM Network)