• KANAL BERITA

LRT Palembang, Len Siap Testing Persinyalan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Len Industri (Persero) bakal segera melakukan pengujian sistem persinyalanan light rail transit (LRT) Palembang yang menghubungkan Sultan Mahmud Baharuddin II ke Jakabaring Sport City.

LRT tersebut merupakan bagian dari kesiapan pelaksanaan Asian Games 2018. Angkutan massal itu ditargetkan paling lambat beroperasi pada 26 Juli mendatang.

"Kami jadwalkan pekan ketiga Mei, seluruh sistem itu mulai diujicoba," kata Dirut Len, Zaky Gamal Yasin di sela-sela penandatanganan dengan PT Pelni di Bandung, Jumat (11/5).

Menurut dia, hampir semua komponen pendukung rampung diinstal di jalur LRT sepanjang 23 Km itu. Trase tersebut mencakup keberadaan 13 stasiun dan 9 sub stasiun. Trek itu membentang pula di atas Sungai Musi dengan bentang jembatan 435 meter.

Pekerjaan Len di proyek infrastruktur itu di antaranya mencakup sistem persinyalan, telekomunikasi, substation, power rail, track, system engineering, automatic fare collection (ticketing system), serta signal on depot.

Pihaknya optimis target operasi itu dapat dipenuhi. Terlebih dengan pengalaman Len selama ini dalam bidang persinyalan yang memang sudah teruji.

"Kami sudah siap, power sudah selesai, kemudian persinyalan dan telekomunikasi di stasiun, tinggal diujicoba karena sekarang di lapangan masih tes kereta," katanya.


(Setiady Dwi/CN33/SM Network)