• KANAL BERITA

50 Pendaki Merapi Akan Dievakuasi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Saat kejadian erupsi freatik pada Jumat (11/5) pagi diperkirakan ada sekitar 50 orang pendaki yang berada di Gunung Merapi. Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Ami Nurwati, puluhan pendaki itu masuk melalui jalur Selo, Boyolali.

"Ada info sebanyak 50 pendaki menuju Pasar Bubrah. Tanggung jawab kami untuk memantau dan melakukan evakuasi bekerjasama dengan tim SAR Boyolali," kata Ami saat ditemui di pos pengamatan Gunung Merapi, Jumat (11/5).

Hingga dua jam setelah erupsi, diinformasikan kondisi di seputaran jalur pndakian Selo masih kondusif, tidak nampak hujan abu. Untuk memastikan tidak ada  lagi warga yang naik, semua pintu masuk pendakian akan ditutup. Sementara untuk jalur pendakian wilayah Sleman dan Sapu Angin Klaten, dilaporkan tidak ada pendaki yang masuk.

Dia menginstruksikan kepada kepala seksi pemangku kawasan wilayah I yang membawahi Sleman dan Magelang, agar mensterilkan kegiatan hingga radius 5 kilometer di sisi selatan, dan 3 kilometer di sisi barat daya  Merapi.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)