• KANAL BERITA

Pihak Pengelola Bandara Adisutjipto Tunggu Perkembangan

Terkait Erupsi Gunung Merapi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Gunung Merapi pagi tadi mengalami erupsi dan menyebabkan hujan abu di sebagian besar lokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski begitu pihak pengelola Bandara International Adisutjipto Yogyakarta masih menunggu perkembangan situasi terkait operasional bandara tersebut pasca letusan freatik itu.

“Kami masih menunggu perkembangan. Sementara pagi ini masih beroperasi secara normal,” kata Humas Bandara International Adisutjipto Yogyakarta, Liza Anindya Rahmadia saat dikonfirmasi, Jumat (11/5).

Menurut Liza, pihaknya belum menutup bandara karena kondisi runway masih memungkinkan untuk naik turunnya pesawat. Dalam perharinya rata-rata Bandara International Adisutjipto Yogyakarta memiliki sekitar 176 penerbangan baik dalam maupun luar negeri.

“Sampai saat ini angin masih bertiup ke arah barat belum mengarah ke bandara,” imbuh dia.

Sementara itu dari pantuan suaramerdeka.com, hujan abu lebat tampak terjadi di sepanjang Jalan Kaliurang dan Jalan Palagan Tentara Pelajar. Di Jalan Kaliurang misalnya hujan abu mulai turun cukup lebat di KM 10 sekitar pukul 09.30 atau sekitar satu setengah jam setelah Gunung Merapi meletus. 

Sejumlah kendaraan bermotor terutama yang datang dari arah Kaliurang tampak tertutup abu.Semenatra di Kota Jogja, hujan abu tipis turun memasuki siang ini.


(Gading Persada /CN19/SM Network)