• KANAL BERITA

Warga di Sekitar Merapi Mulai dievakuasi  

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

MAGELANG, suaramerdeka.com - Kondisi saat ini, menyusul terjadinya letusan freaktif Gunung Merapi Jumat (11/5) pagi tadi, menjelang siang ini terjadi evakuasi warga diradius 5 KM. Hujan abu terjadi di wilayah Sleman meliputi Kec Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak dan sebagian Kecamatan Sleman.

Pusdalops BPBD Magelang menyebutkan, Bandara Adisucipto sementara dinyatakan ditutup, sedangkan daerah wisata Kaliurang dan tempat wisata dilereng Merapi untuk sementara ditutup juga. Warga diimbau tidak panik dengan kejadian tersebut.

"Jika ada perkembangan informasi, akan segera disampaikan. Jika terpaksa mengungsi, silakan mengungsi ketempat yang sudah disediakan dan tetap tenang, sambil menunggu update informasi dari petugas," demikian rilis yang diterbitkan pagi ini.

Kronologinya, pagi tadi telah terjadi erupsi Gunung Merapi pada pukul 07:43 wib dengan durasi kegempaan 5 menit, ketinggian kolom 5500 m di atas puncak. Pukul 08.54 erupsi yang terjadi bersifat freatik ( dominasi uap air). 

Erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susulan, sebelum erupsi freatik terjadi jaringan seismic gunung Merapi tidak merekam adanya peningkatan kegempaan, namun demikian sempat teramati peningkatan suhu kawah secara singkat, pada pukul 06:00 wib, pasca erupsi kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan suhu kawah mengalami penurunan.


(Bambang Isti/CN19/SM Network)