• KANAL BERITA

Jalan Tembus Sangkanjaya-Danareja Dibuka

Sekda Widodo Joko Mulyono menyerahkan peralatan kerja kepada anggota TNI dan Satlinmas saat pembukaan Karya Bakti di Lapangan Danareja, Kecamatan Balapulang. (suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)
Sekda Widodo Joko Mulyono menyerahkan peralatan kerja kepada anggota TNI dan Satlinmas saat pembukaan Karya Bakti di Lapangan Danareja, Kecamatan Balapulang. (suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)

TEGAL, suaramerdeka.com - Akses jalan tembus sepanjang 1,8 kilometer dari Desa Sangkanjaya menuju Desa Danareja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, mulai dibuka lewat program Karya Bakti TNI pada Selasa (8/5). Akses tersebut akan membuka hutan negara di areal Perhutani KPH Pekalongan Barat di Desa Sangkanjaya.

Jalan sepanjang 1,8 kilometer akan menghubungkan Desa Sangkanjaya dan Desa Danareja. Sebelumnya, Desa Sangkanjaya merupakan desa terisolasi karena akses keluar masuk desa tersebut hanya berupa jembatan gantung yang tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Sekda Widodo Joko Mulyono, menjelaskan, kegiatan Karya Bhakti TNI tersebut dimaksudkan untuk menunjang pelaksanaan program pembangunan nasional. Serta menyelaraskan program pembangunan daerah guna meningkatkan pembangunan wilayah perdesaan dan perkotaan dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

‘’Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Kodim 0712/Tegal dan Brigif 4/Dewa Ratna pada tahun 2018 merencanakan akan melaksanakan Karya Bhakti TNI dalam 6 enam tahapan,’’ ujar Sekda saat pembukaan Karya Bakti TNI di Lapangan Desa Danareja, Selasa (8/5) lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, secara khusus, Karya Bhakti TNI tahap 1 merupakan rangkaian program kegiatan Pemkab Tegal dalam rangka membuka akses jalan baru dari Desa Sangkanjaya melalui Desa Danareja.

Akses Ekonomi

‘’Pemkab berharap, dengan dibukanya akses jalan baru tersebut, bisa memperlancar arus lalu lintas masyarakat dan barang, serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteran masyarakat sekitar,’’ terangnya.

Sebelumya, Plt Camat Balapulang, Fakihurakhim, menguraikan, jalan tembus dibuka dengan melintasi areal hutan Sangkanjaya sepanjang 1,8 kilometer. ‘’Izin Gubernur Jateng untuk membuka hutan negara di areal Perhutani KPH Pekalongan Barat tersebut sudah turun sejak beberapa bulan lalu,’’ jelas Fakih.

Menurut dia, untuk menopang pembuatan jalan tembus, selain Karya Bakti, pemerintah desa terkait yaitu Sangkanja dan Danareja juga akan mengerahkan warganya lewat program Padat Karya Tunai yang anggarannya berasal dari dana desa masing-masing. 


(M Firdaus Ghozali/CN40/SM Network)