• KANAL BERITA

Empat Rusa Tutul, Satwa Baru Waduk Gajahmungkur

Beberapa ekor rusa tutul kini melengkapi koleksi taman satwa di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Kamis (10/5). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
Beberapa ekor rusa tutul kini melengkapi koleksi taman satwa di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Kamis (10/5). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajahmungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri kini menerima satwa baru. Yakni empat ekor rusa tutul. Satwa tersebut didatangkan dari kebun binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Kepala UPT Objek Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardiyanto mengatakan, rombongan kendaraan pembawa rusa tutul berangkat dari Gembira Loka pada Rabu (9/5) sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka baru tiba di taman satwa OWSA-WGM sekitar pukul 20.00 WIB. "Iring-iringan kendaraan tidak bisa berjalan cepat karena membawa satwa yang dilindungi," katanya, Kamis (10/5).

Dia mengungkapkan, populasi rusa tutul di kebun binatang Gembira Loka sudah berlebihan, sehingga empat ekor di antaranya diberikan kepada OWSA-WGM Wonogiri. "Rusa tutul di Gembira Loka sudah overload, sehingga harus diberikan ke lima Lembaga Konservasi (LK), salah satunya Waduk Gajahmungkur," terangnya.

Rusa tutul yang diberikan kepada taman satwa OWSA-WGM itu terdiri atas dua pejantan dan dua betina. Semuanya masih usia remaja, sekitar 1,5-2 tahun dan masih produktif. Dengan demikian, taman satwa tersebut kini mempunyai empat ekor rusa tutul dan 18 ekor rusa timor. Rusa tutul ditempatkan di kandang bagian selatan, adapun rusa timor tepat berada di sebelah utaranya.

Dia menerangkan, satwa-satwa tersebut sebenarnya bisa diberi label untuk mengetahui keturunannya. Satwa yang baru tiba bisa dilabeli F0, adapun keturunan pertamanya dilabeli F1 dan keturunan keduanya F2. "Kalau sudah dapat label F3, satwa bisa diperjualbelikan dan dikonsumsi. Taman satwa kami punya izin penangkaran rusa resmi," terangnya.

Sementara itu, pihaknya belum mendatangkan seekor orang utan betina dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo sebagai pasangan Jacko, orang utan jantan yang sudah ada. Orang utan bernama Yeti itu rencananya didatangkan untuk meredam amukan Jacko ketika masa birahinya tiba. "Jurug punya lima orang utan, kami ingin minta satu yang betina," imbuhnya.

Di sisi lain, jumlah pengunjung OWSA-WGM terbilang tinggi pekan ini. Selama hari libur atau Minggu, jumlah pengunjungnya berkisar 3.000 orang. Ada pun hari biasa rata-rata sekitar 1.000 orang. Hal itu karena sebagian anak sekolah sudah libur dan menjelang bulan puasa. 


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)