• KANAL BERITA

PDIP Apel, Jl Adi Sucipto Ditutup

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

SOLO, suaramerdeka.com - Apel Siaga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Jawa Tengah pada Jumat (11/5) ini di Stadion Manahan, Solo, berdampak pada penutupan akses jalan di Jalan Adi Sucipto mulai pukul 13.00 hingga selesainya acara tersebut.

‘’Untuk mengantisipasi kemacetan saat acara berlangsung, kawasan Jalan Adi Sucipto mulai dari Patung Wisnu-Bundaran Manahan akan ditutup, sehingga masyarakat kami imbau untuk mencari altenatif jalan lain selama kegiatan berjalan,’’ kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo.

Menurutnya, penutupan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Penutupan dilakukan lebih awal agar kemacetan yang terjadi dapat diantisipasi sebelum acara berlangsung. Selain itu tiap kader PDIP yang datang dari berbagai kota sudah disiapkan jalur khusus untuk perlintasannya.

‘’Kami sudah koordinasikan dengan Polisi kota setempat ketika membawa iring-iringan kader dari kota masing-masing. Harapannya jalur tersebut bisa meminimalisasi penumpukan kendaraan ketika menuju stadion Manahan,’’ ujarnya.

Arah Kedatangan

Menurut Ari, jalur lintasan dibedakan menurut arah kedatangannya. Dari Pekalongan dan Semarang diarahkan melewati Jalan Adi Sucipto-Stadion Manahan. Dari Kedu dan Banyumas melintasi Jalan Slamet Riyadi -Jalan Prof Soeharso (Simpang Faroka)- Stadion Manahan.

Lalu, dari arah Pati diberikan jalur lintasan Palang Joglo-Jalan Ki Mangun Sarkoro-Jalan Letjen Suprapto-Stadion Manahan. Dari Klaten, peserta apel dapat melewati Jalan Slamet Riyadi (Kartasura) - Jalan KH Agus Salim-Jalan Slamet Riyadi- Jalan Ahmad Yani (Simpang Tiga Kerten)-Stadion Manahan.

Sementara itu peserta dari Karanganyar, Sragen dan Jawa Timur dapat melintas dari Terminal Tirtonadi-Jalan Ahmad Yani- Stadion Manahan. Khusus untuk kendaraan roda empat dan dua bakal dibelokkan ke jalan MT Haryono (Pertigaan Gondang)-Stadion Manahan.

Ari menyatakan, banyaknya kader yang bakal hadir pada apel siaga tersebut pihaknya telah menentukan titik- titik parkir kendaraan dari luar kota.

‘’Kami juga telah menyediakan kantong parkir disejumlah titik yang ada di kawasan kegiatan. Dengan demikian kami menerjunkan lebih kurang 100 personel untuk mengatur kendaraan yang datang dan tempat mereka harus parki,  sehingga kesemrawutan saat acara berlangsung dapat diurai,’’ katanya. 


(M Ilham Baktora/CN40/SM Network)