• KANAL BERITA

Puluhan Nominator Krenova Adu Inovasi

Inovator mempresentasikan inovasi ‘starter motor pinter’ pada lomba krenova di Kantor UPP Iptekin Bappeda Jateng di Kota Semarang. (suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)
Inovator mempresentasikan inovasi ‘starter motor pinter’ pada lomba krenova di Kantor UPP Iptekin Bappeda Jateng di Kota Semarang. (suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dari sekitar 200 peserta lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenova) tahun 2018, telah dikerucutkan menjadi 40 nominator. Selanjutnya, 40 nominator ini wajib mempresentasikan temuan dan inovasinya untuk menentukan 10 pemenang utama dan 10 pemenang harapan.

Lomba Krenova menjadi ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Unit Pelayanan dan Pengoperasian Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (UPP Iptekin) Bappeda Jateng. Jumlah peserta lomba pada tahun ini meningkat sekitar 20 persen dari tahun lalu sebanyak 168 peserta.

Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng, Hatta Hatnansya Yunus menjelaskan, presentasi 40 nominator tersebut diadakan di kantor UPP Iptekin Jalna Imam Bonjol Nomor 190 Semarang pada 8-14 Mei 2018. Selain pemenang utama dan harapan, masyarakat dapat berpartisipasi menentukan 10 pemenang favorit dengan memilih temuan atau inovasi terfavorit. Caranya memberikan pilihan melalui website http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling yang akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2018 pukul 23:59 WIB.

“Krenova ini untuk memacu inovasi masyarakat. Pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing ekonomi daerah dan kemandirian masyarakat Jawa Tengah,’’ kata Hatta, Kamis (10/5).

Melihat tren peningkatan peserta lomba krenova tiap tahunya, lanjut Hatta, dipertimbangkan untuk membagi pesreta lomba menjadi dua kategori pada tahun depan. Yakni kategori pelajar dan kategori masyarakat/mahasiswa. Untuk pendaftaran dan pengiriman proposal juga bisa dilakukan secara online untuk memudahkan prosesnya.

Dari 200 peserta krenova tahun ini telah diseleksi pada 17-19 April lalu oleh tim penilai dari unsur pemerintah, akademisi, dan pengusaha. Dari 40 nominator tersbeut diantaranya adalah kertas kulit salak dari Banjarnegara, alat penyemprot aspal dari Banyumas, pengolah sampah organik otomatis dari Batang, vermikompos dari Brebes, sepatu bolak balik dari Kabupaten Pekalongan, serta starter motor pinter dari Kabupaten Semarang.

Sesuai rencana, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 12 Juni 2018 dan penyerahan penghargaan dilakukan oleh Gubernur Jateng di Pameran Produk Inovasi (PPI) pada 14-16 September 2018 di Kabupaten Sragen.


(Hanung Soekendro/CN40/SM Network)