• KANAL BERITA

Penyuluh Hebat, Dekat Melayani Umat

Jambore Penyuluh Agama Islam

Para penyuluh Agama Islam Kabupaten Batang mengikuti kegiatan jambore dan outbond di kawasan Agrowisata Kembanglangit Blado. (suaramerdeka.com/Trisno Suhito)
Para penyuluh Agama Islam Kabupaten Batang mengikuti kegiatan jambore dan outbond di kawasan Agrowisata Kembanglangit Blado. (suaramerdeka.com/Trisno Suhito)

BATANG, suaramerdeka.com - Banyak kiat untuk menjaga dan membangun kebersamaan dalam lingkungan kerja. Para penyuluh Agama Islam Kabupaten Batang melakukan itu dengan menggelar jambore dan outbound selama satu hari di kawasan Agrowisata Kembanglangit, Kecamatan Blado, mengusung tema Penyuluh Hebat dan Lebih Dekat Melayani Umat.

Acara dibuka oleh Kasie Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Batang Darwanto. Kegiatan itu tersebut diikuti 137 peserta terdiri dari penyuluh agama Islam fungsional, penyuluh agama Islam non PNS dan pegawai di Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Batang.

Darwanto mendukung kegiatan jambore dan outbound penyuluh tersebut. ''Selain sebagai ajang silaturahmi antarpenyuluh se Kabupaten Batang, kegiatan ini juga untuk membangun kebersamaan. Selain itu dapat meningkatkan kinerja sekaligus peningkatan kompetensi penyuluh sehingga tupoksi bisa berjalan dengan baik,'' ujarnya, kemarin. 

Bahasa Agama

Selain itu, Darwanto meminta kepada para penyuluh agama Islam  agar menyampaikan program-program pemerintah dengan bahasa agama.  ''Di samping itu selalu berupaya mengajak kepada masyarakat agar bisa memahami dan melaksanakan ajaran agama dengan benar,'' tuturnya. 

Jambore dan outbound penyuluh untuk kali pertama digelar oleh Pokjaluh Agama Islam Kabupaten Batang di Agrowisata Kembanglangit Blado. Event ini mengusung tema Penyuluh Hebat dan Lebih Dekat Melayani Umat.

Acara diisi dengan kegiatan yang bersifat pendidikan dan hiburan dan dipandu langsung oleh Komunitas Bombath selalu instruktur Outbond yang sudah bersertifikat. Selain itu juga diisi dengan sarasehan dan diskusi terkait dengan persoalan radikalisme, narkoba sampai aliran-aliran serta paham yang akan merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selaku narasumber dalam sarasehan tersebut adalah Ketua Pokjaluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Almukaromah.  ''Acara kemudian ditutup dengan pembagian 55 mukena kepada para peserta jambore dan outbond untuk selanjutnya dibagikan kepada jamaah ibu-ibu majelis taklim binaan para penyuluh Agama Islam,'' kata Almukaromah.


(Trisno Suhito/CN40/SM Network)