• KANAL BERITA

BRT Trans Semarang Akan Jangkau Bandara Baru Ahmad Yani

CEK POSISI HALTE: Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan (kiri) saat mengecek posisi halte BRT di Bandara Baru Ahmad Yani Semarang, belum lama ini. (Foto: suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)
CEK POSISI HALTE: Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan (kiri) saat mengecek posisi halte BRT di Bandara Baru Ahmad Yani Semarang, belum lama ini. (Foto: suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - BLU Trans Semarang tengah menyiapkan armadanya untuk masuk Bandara Baru Ahmad Yani. Penambahan rute tersebut masih dalam tahap akhir perencanaan selter di dalam badara. Koridor yang akan masuk bandara yakni Koridor V.

Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan pengelola Bandara Baru Ahmad Yani. Saat ini sudah ditetapkan titik selter portable, yakni di ujung lintasan drop off (kedatangan) dan pick up (keberangkatan). Pada 2 Juni mendatang lintasan itu sudah bisa dilewati.

"Koridor IV dulunya menjangkau pengguna jasa di Bandara Ahmad Yani. Namun, dengan adanya bandara baru, Koridor V yang akan masuk. Dulu rutenya dari Meteseh hingga PRPP saja. Kini diperpanjang hingga masuk Bandara Ahmad Yani yang baru di sekitar Jl Puri Anjasmoro," ujar Ade, kemarin.

Dia mengungkapkan, selama ini banyak komplain keterlambatan armada utamanya di Koridor IV. Hal itu dikarenakan, kepadatan di seputar Bundaran Kalibanteng dan exit Bandara Ahmad Yani. Karenanya, dengan adanya bandara yang baru, akses masuk tidak lagi lewat Bundaran Kalibanteng dan yang akan masuk koridor V.

"Trans Semarang sudah hampir menjangkau seluruh wilayah di kota Semarang. Kami berusaha untuk mewujudkan sistem transportasi yang terintegrasi antarmoda. Menghubungkan transportasi udara (pesawat) dengan transportrasi darat (bus)," jelas Ade.

Sementara itu, pihak PT Angkasa Pura (AP) selaku pengelola Bandara Ahmad Yani, telah mendukung rencana penambahan rute bus Trans Semarang. Divisi operasional bandara, Sukiman mengungkapkan terbantu akan adanya penambahan jalur yang mengakses ke bandara.

"Ini akan membuat akses masyarakat menuju Bandara Baru Ahmad Yani semakin mudah. Kami targetkan pada Juni 2018 bandara baru sudah mulai aktif," Imbuh Sukiman, di Kantor Angkasa Pura Semarang, Rabu (9/5).


(Hendra Setiawan/CN41/SM Network)