• KANAL BERITA

Masjid Cemerlang Program Khusus BAZNAS Sambut Ramadhan

Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta mem breifing para relawan BAZNAS yang akan terlibat dalam Program Masjid Cemerlang. Foto : Hartono Harimurti
Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta mem breifing para relawan BAZNAS yang akan terlibat dalam Program Masjid Cemerlang. Foto : Hartono Harimurti

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam rangka menyongsong Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), meluncurkan sejumlah program kreatif dan inovatif yang dipersembahkan untuk para mustahik (penerima zakat) dan muzaki (pembayar zakat). Salah satunya adalah program “Masjid Cemerlang”.

“Program ini ditujukan untuk mempersiapkan masjid atau mushala agar lebih bersih dan nyaman untuk tempat ibadah saat Ramadhan. Kemudian, menggairahkan kepedulian dan rasa memiliki umat terhadap kebersihan dan kenyamanan masjid atau mushala dan menjadikannya sebagai pusat kegiatan umat, baik untuk aktivitas keagamaan, pendidikan, dakwah dan sebagainya, terutama di bulan Ramadhan,” ujar Direktur Operasi BAZNAS, Wahyu TT. Kuncahyo, saat meluncurkan program “Masjid Cemerlang”, di Masjid Cut Nyak Dien Menteng Jakarta Pusat, Rabu siang.
Wahyu menyebutkan, program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang urgensi kebersihan masjid sebagai tempat ibadah. 

“Kegiatan yang dilaksanakan dengan melakukan pembersihan lingkungan masjid seperti mengecat, memperbaiki fasilitas-fasilitas yang rusak dan sebagainya.  ini adalah bentuk kepedulian BAZNAS terhadap kebersihan tempat ibadah. Kita berharap gerakan ini bisa menggugah masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan masjid,” kata dia.

Hal ini berangkat dari fakta yang memprihatinkan bahwa saat Ramadhan, masjid yang berada di tempat strategis dan banyak dikunjungi masyarakat, umumnya kurang terawat kebersihannya, cepat kotor dan kumuh. 

"Karena itu, mari kita bantu pengurus masjid membersihkan dan menjaganya, sehingga ibadah Ramadhan tahun ini dan tahun berikutnya akan lebih nyaman. BAZNAS telah menyiapkan puluhan relawan berseragam relawan BAZNAS, dan mengalokasikan anggaran sekira Rp 200 juta untuk biaya survei lokasi, koordinasi dengan pengurus masjid dan pengadaan sarana prasarana kebersihan seperti window washer, window squzee, kanebo, sprayer, sapu, lap kain, mop pell, kemoceng, cairan pembersih kaca, kamar mandi dan lantai; cairan pewangi karpet, sikat, ember, gayung, vacum cleaner dan sebagainya," papar dia.

Acara tersebut dihadiri Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta; Sekretaris BAZNAS, Drs. H. Jaja Jaelani, MM; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel, Fitriansyah Agus Setiawan; Kepala Divisi Pendayagunaan, Randi Swandaru; Ketua Panitia Ramadhan, Rulli Kurniawan, sejumlah pengurus Masjid Cut Nyak Dien, para amil-amilat BAZNAS serta tokoh dan warga Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.


(Hartono Harimurti/CN34/SM Network)