• KANAL BERITA

RK Komit Jaga Iklim Investasi Industri Jabar

foto: istimewa
foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Cagub Ridwan Kamil janji bakal menjaga stabilitas  iklim investasi bagi para pelaku industri di Jabar. Di antaranya menyangkut persoalan upah.

“Menjaga stabilitas tersebut antara lain bisa dilakukan dengan pemenuhan hak-hak dasar buruh sehingga mereka tidak selalu menuntut kenaikan upah minimum regional,” katanya saat berkunjung ke pabrik boneka di Cianjur seperti dalam keterangan yamg diterima Rabu (9/5).

Menurut dia, stabilitas UMR juga mesti seimbang. Pasalnya, UMR yang terlalu tinggi akan membuat pelaku industri pindah ke daerah yang UMR-nya masih rendah seperti Jawa Tengah. 

Untuk itu, dibutuhkan program untuk menyejahteraan kehidupan buruh. Di antaranya bisa dengan menyediakan bus gratis bagi buruh dan sembako murah.  Kedua program itu berdampak pada pengeluaran buruh. 

Mereka tak lagi mengeluarkan ongkos transport karena ada bus gratis dan membeli sembako dengan harga murah. “Dengan program itu pengeluaran buruh berkurang,  sehingga buruh bisa menabung” katanya.

Untuk kebutuhan mendatang, program lainnya yang dapat menekan pengeluaran buruh bisa ditambahkan. “Program itu bisa diaplikasikan ke Jabar," katanya.


(Setiady Dwi/CN34/SM Network)