• KANAL BERITA

BEI Buka Galeri Investasi di Amikom

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengembangkan kerja sama dengan kalangan kampus. Kali ini, galeri investasi didirikan di Universitas Amikom Yogyakarta yang peresmiannya dilaksanakan pada Rabu (9/5).

Pada kesempatan itu, dilakukan pula pengukuhan duta Yuk Nabung Saham, dan pengurus Kelompok Studi Pasar Modal (KPSM). Kepala Kantor Perwakilan BEI DIY, Irfan Noor Riza mengatakan, galeri investasi di Universitas Amikom adalah fasilitas yang ke-35. 

"Awal diluncurkan pada tahun 2009 baru ada empat, dan sekarang sudah bertambah menjadi 35. Kami sangat bahagia keberadaan galeri investasi di Jogja mengalami pertumbuhan," kata Irfan, di sela kegiatan peresmian.

Animo mahasiswa terhadap dunia pasar modal dan investasi juga dinilai ada perkembangan yang berarti. Pada 2009, investor di DIY hanya ada sekitar 900. Hingga Maret 2018 ini, jumlahnya sudah mencapai 32.359 investor, dan 30 persennya adalah kalangan mahasiswa.

Hal ini menunjukkan cukup banyak mahasiswa di DIY yang sudah melek investasi pasar modal. "Mereka adalah kepanjangan tangan kami karena setelah beberapa tahun ke depan, para mahasiswa akan kembali ke daerah masing-masing. Harapan kami, mereka bisa ikut mensyiarkan pengetahuan tentang pasar modal ini kepada rekan-rekannya," ujar Irfan.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof M Suyanto, memandang kehadiran galeri investasi akan turut mendukung visi Amikom menjadi perguruan tinggi generasi keempat yakni universitas sebagai agent of economic development. "Amikom memang mengarahnya kesitu, sebagai kamar ekonomi kreatif. Jelas ruangannya kami siapkan kemudian ICT (teknologi informasi komunikasi-red), dan lewat kerjasama dengan sejumlah perusahaan," tandasnya.


(Amelia Hapsari/CN40/SM Network)