• KANAL BERITA

Pemerintah Akan Beri KUR ke Petani Sawit

foto: suaramerdeka.com/Kartika Runiasari
foto: suaramerdeka.com/Kartika Runiasari

ROKAN HILIR, suaramerdeka.com - Pemerintah juga akan memberikan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga sebesar tujuh persen ke petani sawit. Penyaluran KUR ini akan disalurkan langsung lewat perbankan ke petani sawit.

Darmin menegaskan, sektor sawit Indonesia merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian nasional dan petani sawit rakyat merupakan aktor penting dalam perkembangan sektor sawit Indonesia. Berdasarkan hasil studi Universitas Stanford, sektor kelapa sawit berperan penting bagi pengurangan angka kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. 

Sejak tahun 2000, diperkirakan 10 Juta orang yang keluar dari garis kemiskinan setidaknya terkait dengan faktor-faktor yang berhubungan dengan ekspansi sektor sawit, sementara setidaknya 1,3 Juta orang yang hidup di pedesaan berhasil keluar dari garis kemiskinan karena ekspansi sektor sawit secara langsung. Besarnya peran sektor sawit bagi perekonomian serta pengurangan kemiskinan dan ketimpangan ini tidak terlepas dari fakta bahwa hampir separuh perkebunan kelapa sawit dikelola oleh petani rakyat.


(Kartika Runiasari/CN40/SM Network)