• KANAL BERITA

Seminar Nasional KPID Jateng "Television Host Training" Disambut Antusias

Rektor UIN Prof DR Muhibbin beserta Ketua KPID Jateng Budi SP memberikan kenang-kenangan kepada narasumber dalam seminar nasional Television Host Training. (Foto: suaramerdeka.com/Yulianto)
Rektor UIN Prof DR Muhibbin beserta Ketua KPID Jateng Budi SP memberikan kenang-kenangan kepada narasumber dalam seminar nasional Television Host Training. (Foto: suaramerdeka.com/Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Acara Seminar Nasional Peringatan Hari Penyiaran Nasional yang dengan tema Television Host Training bertempat di Auditorium 2, Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN)  Walisongo Semarang disambut antusias oleh ratusan mahasiswa,  Rabu (9/5).

Seminar tersebut menampilkan dua orang pembicara yang ahli di bidangnya, yakni Neneng Athiatul Faizah,  Komisoner KPID Jawa Barat, yang membawakan materi tentang public speaking. Sedangkan narasumber lainnya,  Indy Rahmawati presenter tv One, memberikan materi Tampil Wow di depan Kamera,  dan sekaligus pelatihan sebagai presenter. 

Dikatakan Neneng, untuk tampil memesona di depan publik harus memperhatikan beberapa hal.  Di antaranya, gestur atau gerakan tubuh seperti kontak mata dan penampilan.  Karena, saat ketika kita di depan umum, pakaian dan benda yang dipakai dilihat semua orang. 

Senada dengan Indy Rahmawati yang langsung memberikan contoh kepada mahasiswa bagaimana tips-tips untuk menjadi seorang presenter atau pembawa acara di televisi. 

"Hal-hal yang harus diperhatikan untuk tampil sempurna di depan kamera,  pertama melakukan riset, penampilan,  dan menejemen waktu.  Tak hanya itu,  seorang presenter juga harus percaya diri, berani dan selalu coba- coba lagi sehingga jam terbang makin tinggi, "terangnya.

Ketua KPID Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo,  mengatakan, tema yang diambil Television Host Training memang untuk anak muda yang berminat untuk menjadi presenter atau di lembaga penyiaran. Karena perkembangan media saat ini, banyak anak muda dan mahasiswa untuk menjadi seorang presenter dan bekerja di media. 

"Antusias mahasiswa sangat tinggi, yang awalnya kami sediakan hanya 500 orang, namun yang hadir melebihi jumlah itu,  sampai 800 mahasiswa.  Diharapkan, acara ini bisa menjadi media pembelajaran bagi para mahasiswa dari para narasumber yang dihadirkan,"i mbuhnya, yang didampingi Komisioner KPID Setiawan Hendra Kelana,  Muhammad Rofiudin dan Asep Cuwantoro.

Rektor UIN Walisongo Prof DR Muhibbin menyampaikan terimakasih kepada KPID Jateng yang bersama-sama telah menggelar seminar nasional ini di UIN Walisongo Semarang dalam rangka Peringatan Hari Penyiaran Nasional.  Dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada KPID Jateng dengan digelarnya pameran Literasi Media yang diikuti oleh 47 negara bertempat di UIN Walisongo Semarang dan Hotel Crowne Plaza. 

"Adapun ratusan karya kartun yang dipajang tersebit sudah melalui seleksi dari ribuan karya yang masuk ke panitia, "imbuhnya didampingi Wakil Rektor I Musahadi.


(Yulianto/CN41/SM Network)