• KANAL BERITA

Kesehatan Pengungsi Gempa Banjarnegara Terus Dipantau

Anggota DPR Komisi IX dari Fraksi Partai Nasdem, Amelia Anggraini, menyampaikan paparan dalam sosialisasi dan koordinasi terkait kewaspadaan dini dan respons KLB, di Banjarnegara. (suaramerdeka.com/ M Syarif SW)
Anggota DPR Komisi IX dari Fraksi Partai Nasdem, Amelia Anggraini, menyampaikan paparan dalam sosialisasi dan koordinasi terkait kewaspadaan dini dan respons KLB, di Banjarnegara. (suaramerdeka.com/ M Syarif SW)

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi Partai Nasdem, Amelia Anggraini, meminta kondisi kesehatan para pengungsi korban gempa dan masyarakat terdampak di Kecamatan Kalibening, Banjarnegara supaya terus dipantau.

''Pelayanan kesehatan rutin dilakukan dan petugasnya melakukan kunjungan atau mengecek para pengungsi. Selain itu penyediaan lokasi pengungsian yang sehat juga penting. Mereka juga diminta menjaga kesehatan sekitar pengungsian. Kebersihan makanan dan pemenuhan makanan harus diperhatikan,'' katanya, di sela sosialisasi dan koordinasi terkait kewaspadaan dan respons KLB di Banjarnegara, Rabu (9/5).

Selain itu, sanitasi pengungsian baik yang berada di gedung sekolah, balai desa serta tenda atau shelter diminta diperhatikan betul. Penyediaan MCK atau toilet yang layak dan sarana air bersih harus terjamin.

''Jangan sampai mereka menderita penyakit seperti diare dan lainnya akibat sanitasi pengungsian yang buruk. Kesadaran pola hidup bersih dan sehat warga juga harus ditingkatkan saat berada di pengungsian,'' imbuhnya.

Hal lain yang tidak kalah penting, menurutnya pemulihan kondisi psikologis warga terdampak. Di samping tentunya pembangunan kembali rumah-rumah yang rusak agar kehidupan warga di Desa Kasinoman, Kertosari, Sidakangen dan Plorengan Kecamatan Kalibening kembali normal.

Kepala Dinkes Banjarnegara, dokter Ahmad Setiawan, mengatakan posko kesehatan di lokasi bencana masih dibuka terus dan petugas juga siaga di posko serta berkeliling melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan pengungsi dan warga terdampak dilakukan setiap hari. Selain puskesmas setempat, puskesmas kecamatan lain juga membantu.


(M Syarif SW/CN33/SM Network)