• KANAL BERITA

Tujuh Mahasiswa Undip Mendapat Beasiswa dari Alumni

Tujuh mahasiswa Universitas Diponegoro yang diterima dari jalur SNMPTN mendapat beasiswa dari Alumni Undip, beasiswa diserahkan secara simbolis di ruang sidang Rektor, Selasa (8/5). (Puthut Ami Luhur)
Tujuh mahasiswa Universitas Diponegoro yang diterima dari jalur SNMPTN mendapat beasiswa dari Alumni Undip, beasiswa diserahkan secara simbolis di ruang sidang Rektor, Selasa (8/5). (Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tujuh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang sudah diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), mendapat beasiswa dari alumni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut yang berkarya di bidang perbankan. Menurut Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama, PTN yang dipimpinnya menerima 2595 mahasiswa dari jalur SNMPTN dan 836 di antaranya merupakan penerima beasiswa Bidikmisi.

“Ketujuh mahasiswa ini tidak terdaftar dalam Bidikmisi dan selain mereka, masih ada ribuan mahasiswa lainnya yang tidak tercover beasiswa Bidikmisi maka kami membantu dengan cara-cara seperti ini. Sisanya yang lain kami masukkan ke golongan I, II dan III yang uang kuliahnya masih terbilang ringan,” kata Prof Yos usai Penyerahan Beasiswa Bagi Mahasiswa Undip Jalur SNMPTN akademik 2018/2019 dari Alumni Undip di Rektorat Undip, Selasa (8/5).

Tetapi jika nantinya dimasukkan ke golongan I masih tidak mampu, ia mengaku Undip mampu untuk menggratiskan mahasiswa tersebut. Sebagai gambaran, golongan I dan II uang kuliahnya masih terbilang ringan. Ia mencontohkan untuk golongan I sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta, jika dibagi enam bulan masih terhitung terjangkau, menurutnya sama seperti membayar SPP di SMA.

“Kami berkomitmen, tidak ada mahasiswa yang sudah diterima di Undip terhalang studinya karena masalah biaya,” tambahnya.

Ketujuh mahasiswa yang menerima beasiswa menurutnya, yang pendapatan orangtuanya masih di bawah UMR atau UMK. Beasiswa dari alumni yang diberikan menurutnya, akan dilakukan evaluasi setiap enam bulan sekali.

Minat calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di Undip menurutnya, cukup tinggi dan Undip merupakan universitas terfavorit kedua. Ada lebih dari 42 ribu calon mahasiswa yang meminati kuliah di Undip mendaftar melalu SNMPTN. Sedangkan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ada 86 ribu pendaftar, baik pilihan pertama, kedua maupun ketiga.

“Saya mencoba meraba-raba, besarnya minat calon mahasiswa ke Undip karena kemungkinan kondisi Kota Semarang yang aman, nyaman dan tidak banyak gejolak. Serta biaya hidup yang masih relatif murah,” tutur mantan Dekan Fakultas Hukum ini.

Mengenai Ujian Mandiri Undip yang akan dilakukan setelah SBMPTN nanti menurutnya, akan hadir di 21 daerah di sleuruh Indonesia. Ada beberapa daerah tambahan, dibantu oleh IKA Undip.


(Puthut Ami Luhur/CN34/SM Network)