• KANAL BERITA

MAN 1 Kebumen Lepas 266 Lulusan

WISUDA SISWA:  Plt Kepala MAN 1 Kebumen Drs Parjono MSi mengalungkan samir saat mengikuti wisuda dalam acara Akhirussanah dan Pelepasan Siswa Kelas XII tahun 2017/2018. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
WISUDA SISWA: Plt Kepala MAN 1 Kebumen Drs Parjono MSi mengalungkan samir saat mengikuti wisuda dalam acara Akhirussanah dan Pelepasan Siswa Kelas XII tahun 2017/2018. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen melaksanakan wisuda purna siswa terhadap 266 siswa kelas XII tahun 2017/2018, baru-baru ini.  Dari 266 siswa kelas XII yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini dinyatakan lulus 100%.  

Penyerahan siswa kelas XII kepada wali murid dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MAN 1 Drs Parjono MSi. Sedangkan kepala madrasah definitif  yakni Mahmudin SPd MAg tengah mengikuti diklat calon pendamping haji di Donohudan Solo.

Kegiatan akhirusanah dan pelepasan siswa kelas XII berlangsung sangat meriah. Acara diselingi aneka hiburan kesenian hasil kreativitas siswa, termasuk pemutaran film karya siswa yang berdurasi tujuh menit. Para wali murid yang hadir tampak terhibur oleh hasil kreativitas siswa dalam bidang seni dan budaya.

Waka Humas MAN 1 selaku ketua panitia Hasim Asngari  SPd MPd menjelaskan bahwa acara akhirussanah dan pelepasan merupakan agenda tahunan yang di dalamnya berisi penyampaian hasil kelulusan yg diterimakan kepada wali murid kelas XII. "Pada kesempatan tersebut diberikan pula penghargaan kepada peraih nilai 100 pada UNBK," ujar Hasim Asngari kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Leader Class

Sementara itu, terobosan diakukan oleh MAN 1 untuk menjaring calon siswa baru yang berkualitas. Madrasah yang berada di Jalan Cincin Kota Nomor 44 itu menyiapkan beasiswa Leader Class Full Study total Rp 313 juta bagi 22 siswa yang lolos seleksi.

Beasiswa leader class full study diberikan berupa fasilitas bebas biaya pendidikan selama tiga tahun senilai Rp 11 juta serta bebas biaya tinggal di asrama  bagi yang memenuhi ketentuan.

Untuk penjaringan penerima beasiswa dilaksanakan melalui jalur seleksi try out UN dengan quota 10 anak, tes kompetensi khusus enam siswa dan hasil nilai UN 2017/2018 enam siswa.

"Melalui pemberian beasiswa ini, MAN 1 memberikan jawaban bahwa anak-anak berprestasi termasuk yang tidak mampu disiapkan menjadi pemimpin hebat di abad ke-21," ujar Kepala MAN 1 Kebumen Mahmudin.

MAN 1 Kebumen berupaya untuk meningkatkan standar mutu pelayanan. Para guru dan pegawai didorong mengubah mindset dari mental pejabat menjadi mental pelayan.Sebab guru merupakan pelayan dan pegawai adalah pelayan, termasuk kepala madrasah adalah pelayan. Komitmen itu diwujudkan dengan melaksanakan training excellence service bagi para guru dan pegawai.

"Melalui pelatihan itu pihaknya menargetkan setiap peserta baik guru maupun pegawai dapat memahami hakekat pelayanan prima," ujarnya.


(Supriyanto/CN39/SM Network)