• KANAL BERITA

Antisipasi Kekeringan, Pemkab Banjarnegara Bangun Embung

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara Totok Setya Winarno mengatakan, untuk mengantisipasi musim kering, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara akan membuat sejumlah embung.

"Untuk mengantisipasi musim kering dinas membuat beberapa embung," katanya di Banjarnegara, Selasa (8/5).

Menurut dia, sebagian wilayah masih memiliki aliran sungai atau irigasi. "Beberapa wilayah kering masih memiliki aliran sungai atau irigasi, namun keberadaan aliran air masih di bawah dari lahan yang ada, sehingga air tidak dapat naik mengaliri lahan tersebut," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Untuk itu, pihaknya mengupayakan dengan pembuatan embung. "Tidak hanya itu, untuk mengangkat air juga akan diupayakan bantuan pompa. Jika aliran air dapat naik maka petani bisa mengolah lahan dengan memilih tanaman sesuai kebutuhan. Jadi petani tidak hanya menanam ketela, tetapi bisa dengan tanaman lain, termasuk sayuran," katanya.

Dia juga mengatakan pemerintah masih mengupayakan adanya bantuan ternak bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan kekeringan. "Ternak tidak hanya akan memberikan hasil dari ternak itu sendiri, tetapi kotoran ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan uji coba di beberapa desa yang ada di Banjarnegara, seperti Desa Pucung Bedug, Desa Kaliajir, dan Desa Kutawuluh. Apabila program tersebut berhasil, maka akan dikembangkan ke beberapa desa rawan kekeringan lainnya.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan awal musim kemarau pada 2018 untuk Kabupaten Banjarnegara diperkirakan mulai Juni dasarian dua.


(Ant/CN39/SM Network)