• KANAL BERITA

RS Orthopedi Jajaki Kerja Sama Cetak Dokter di Indonesia Timur

Dirut RS Orthopedi, Pamudji Utomo saat berbincang di RS Orthopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (8/5). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)
Dirut RS Orthopedi, Pamudji Utomo saat berbincang di RS Orthopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (8/5). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Rumah sakit (RS) Orthopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta menjajaki kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) di kawasan Indonesia timur untuk mengasilkan dokter spesialis tulang.

Direktur Utama (Dirut) RS Orthopedi, Pamudji Utomo menuturkan, pihaknya masih merancang kerja sama dengan pemda di kawasan Indonesia timur. Seperti Papua. Kerja sama yang dimaksud yakni menerima putera/puteri terbaik di kawasan Indonesia timur untuk mengambil kuliah pada bidang khusus orthopedi (dokter spesialis tulang). “Kami masih merintis dan menjajaki,” tuturnya, saat ditemui di ruangannya di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (8/5).

Pamudji mengungkapkan, kerja sama tersebut sebagai langkah untuk mencetak dokter-dokter yang nantinya akan kembali ke wilayahnya. Mengingat sejak 2004, RS Orthopedi telah dipercaya Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi rumah sakit pendidikan. Menurutnya dalam kurun waktu 14 tahun ini, pihaknya sudah mencetak dokter spesialis sebanyak 50 orang. “Jadi seperti strata dua (S2) plus, kan selama lima tahun. Sebagian besar kami minta kembali ke daerahnya,” ungkap dia.

Dia merinci, mereka di antaranya berasal dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar) dan Maluku. Namun untuk kawasan Indonesia timur selama ini masih minim, sehingga pihaknya menjajaki kerja sama dengan pemda setempat. Pasalnya untuk dokter spesialis tulang di Indonesia timur masih sedikit. “Jadi pemda setempat yang mengirim putera/puteri terbaiknya ke RS Orthopedi. Selain kami melayani pasien dari Sabang hingga Merauke dan luar negeri, kami konsen dalam regenerasi dokter,” akunya. 


(Asep Abdullah/CN40/SM Network)