• KANAL BERITA

Mahasiswa Didorong Kembangkan Teknologi yang Aplikatif

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pekalongan (Unikal) didorong mengembangkan teknologi dan inovasi yang bisa diaplikasikan dan dimanfaatkan masyarakat.

“Perguruan Tinggi harus memberikan alternatif-alternatif teknologi yang aplikatif. Bagi yang bermodal besar teknologinya seperti ini. Yang bermodal kecil
teknologinya seperti ini. Sehingga semua komponen masyarakat yang mempunyai perbedaan modal, bisa melakukan agribisnis dengan baik,” papar Ketua Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Dr Ir Saparso MP.

Hal itu disampaikannya pada Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unikal dengan tema “Pengembangan Potensi Pesisir Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 di Aula Gedung C Unikal, Selasa (8/5).

Inovasi yang bisa diciptakan di antaranya mengubah lahan marginal menjadi lahan produktif. “Lahan pesisir bisa menjadi substitusi lahan pertanian,” sambungnya.

Dijelaskan dia, lahan pasir pantai dapat dikembangkan sebagai sentra hortikultura dengan aplikasi teknologi spesifik lokasi untuk mencapai efisiensi pemanfaatan sumber daya pertanian.

Pada Kuliah Umum tersebut, Saparso memaparkan, hasil penelitiannya tentang penerapan teknologi otomatisasi pemanfaatan air dalam peningkatan kapasitas agribisnis tanaman sayuran di wilayah pesisir Adipala, Cilacap. Dalam penelitian tersebut, Saparso membuat terobosan dengan menyulap pesisir pantai menjadi lahan pertanian yang bisa ditanami kubis dan bawang merah. Lahan tidak subur diberdayakan menjadi lahan produktif.

Inovasi lainnya yang bisa diciptakan di antaranya penerapan teknologi budidaya alternatif  (aeroponik dan hidroponik pada lahan salin), penciptaan varietas lahan salin dan revolusi otomatisasi berbasis internet.

Sementara itu, Ketua Panitia Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unikal Ubad Badrudin menjelaskan, Kuliah Umum diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa Fakultas Pertanian Unikal tentang potensi pesisir. “Potensi pesisir luar biasa. Harapannya, Kuliah Umum ini membuka wawasan mahasiswa Fakultas Pertanian tentang potensi pesisir. Sehingga potensi pesisir yang ada bisa dikembangkan,” terangnya. 


(Isnawati/CN40/SM Network)