• KANAL BERITA

Pengelolaan Sampah Jadi Atensi Hasanah

foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan Amanah (Hasanah) menegaskan komitmennya untuk menuntaskan persoalan sampah di Jabar. Keberadaan tempat pembuangan akhir alias TPA menjadi atensinya.

Setelah TPA Ciledug, Cirebon, TB Hasanuddin menyambangi Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka, di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. 

"Kunjungan saya kali ini, ingin melihat sejauh mana pembangunan TPPAS Legok Nangka. Ternyata paling cepat, kontruksi sampai operasinya bisa berjalan dengan baik, minimal butuh waktu 3 tahun," ungkapnya usai berkeliling kawasan TPA tersebut seperti dalam keterangan yang diterima Selasa (8/5). 

Dijelaskan, Legok Nangka merupakan TPPAS Regional yang diperuntukkan untuk menampung sampah dari Bandung Raya yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut, serta Pemprov Jabar.

Rencananya, TPPAS tersebut akan menerapkan pengolahan sampah dengan menghasilkan energi, seperti waste to energy menjadi listrik atau menjadi PLTSa. Untuk itu, Kang Hasan berharap pembangunannya dapat berjalan tanpa hambatan mengingat permasalahan sampah yang terus berkembang.

Pasalnya, TPA Sarimukti, yang selama ini digunakan untuk menampung sampah dari Bandung dan sekitarnya, sudah mengalami kapasitas berlebih untuk menampung sampah. Sehingga, perannya harus dimaksimalkan untuk tiga tahun mendatang.

"Ini harus dipikirkan bagaimana membuat TPA Sarimukti bertahan hingga tiga tahun ke depan. Karena TPPAS Legok Nangka dalam dua tahun ke depan belum beroperasi," terangnya.


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)