• KANAL BERITA

Jalur Belum Siap, KA Bandara Dialihkan

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SOLO, suaramerdeka.com - Dua rangkaian kereta bandara Adi Soemarmo yang dipesan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari PT Inka akan datang ke Solo, dalam waktu dekat, namun jalur bandara belum siap. Untuk sementara dua rangkaian kereta api itu, akan dialihkan menjadi KA Prameks (Prambanan Ekspres) untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Menurut rencana, KA bandara digunakan untuk mengangkut penumpang dari Bandara Internasional Adi Soemarmo ke Terminal Tirtonadi Solo. Namun, hingga kini jalur rel kereta dari stasiun ke bandara, belum dibangun lantaran pembebasan lahan di jalur itu belum rampung.

Sementara pembangunan stasiun kereta api di kawasan bandara berikut fasilitasnya hampir selesai, progres sudah lebih dari 90 persen. "Kami belum tahu apakah akan dikirim hari ini atau besok pagi," kata Senior Manager Protokoler Inka Muhammad Cholik Zamzam.

Selain dua rangkaian itu, kata dia, PT KAI juga menambah pesanan 10 kereta lagi yang saat ini tengah dikerjakan. Pihaknya tidak bisa menjelaskan kereta tersebut nantinya akan digunakan untuk apa. "Memang pesan 10 kereta lagi, apakah nantinya untuk kereta bandara atau yang lainnya semua terserah PT KAI," tandasnya.

Pemanfaatan Sementara

Sementara itu untuk mensiasati, untuk sementara pihak PT KAI akan memanfaatkan dua rangkaian kereta api itu menjadi KA Prameks (Prambanan Ekspres) untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tugu Yogyakarta bahkan ke Stasiun Kutoarjo, Purworejo.

Rencananya peresmian kereta bandara "Prameks" itu akan dilakukan Jumat (11/5) di Stasiun Balapan. "Dua kereta ini akan digunakan untuk melayani jalur Solo-Kutoarjo sebagai salah satu pemecah kepadatan Prameks," kata Humas Daop VI PT KAI Eko Budianto, kemarin.

Eko mengatakan, hingga saat ini PT KAI masih memperhitungkan jumlah perjalanan yang akan dilakukan oleh dua kereta ini. Untuk jumlah keretanya BUMN itu menyiapkan dua rangkaian, masing-masing empat gerbong. Untuk jadwalnya hingga kini PT KAI masih menyusunnya.

"Kalau peresmian sudah pasti tanggal 11 Mei mendatang, rencananya akan melayani Solo Kutoarjo dulu. Mulai besok, Rabu (9/5), satu kereta diparkir di Solo Balapan satunya di Kutoarjo ," ucapnya.

Untuk kapasitas angkut penumpang, kata dia, kereta bandara menampung 300 penumpang sekali angkut. Selama tiga hari pertama, kereta ini akan digratiskan untuk penumpang. Sedang untuk tarifnya saat ini masih dirumuskan, namun diperkirakan antara Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu.

"Kita bandingkan dengan tarif bus, kereta ini lebih mewah, aman dan waktu tempuhnya lebih cepat. Kalau dengan prameks harganya beda, sebab Prameks memang disubsidi pemerintah," katanya.

Waktu tempuh KA ini memang tidak akan jauh berbeda dari Pramex, yakni 60 km untuk jarak Solo-Kutoarjo. Hanya saja nantinya kereta ini dipastikan lebih andal dalam ketepatan waktu, mengingat nantinya kereta ini terkoneksi dengan transportasi udara yang harus tepat waktu.

"Sebenarnya jarak tempuh kereta ini bisa mencapai 30 menit dalam sekali perjalanan. Namun syaratnya tidak berhenti di tiap stasiun. Kalau berhenti kemungkinan sekali perjalanan memakan waktu 50 hingga 60 menit," jelasnya.


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)