• KANAL BERITA

KPU Lakukan Klarifikasi Data Dukungan Calon DPD

Pileg 2019

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - KPU Kabupaten Pekalongan saat ini tengah melakukan proses klarifikasi sejumlah data dukungan terhadap calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada pelaksanaan Pemilu 2019. Proses verifikasi tersebut dilakukan terutama pada data dukungan calon DPD, seperti kemungkinan adanya dukungan ganda, anak usia di bawah umur, TNI-Polri dan PNS.

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, M Ahsin Hana mengatakan, proses verifikasi dukungan terhadap calon DPD pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 saat ini masih dilakukan dalam tahapan klarifikasi, belum ke proses verifikasi faktual.

"Jadi sebelum menuju ke proses verifikasi vaktual, kita harus melakukan klarifikasi terlebih dulu terhadap dukungan calon DPD yang sudah mendaftar di KPU Provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan. Proses klarifikasi itu untuk mengetahui apakah terdapat dukungan ganda, anak dibawah umur, TNI-Polri atau PNS. Data dukungan yang diklarifikasi di wilayah Kabupaten Pekalongan berjumlah 1.684," katanya, Selasa (8/5).

Setelah proses klarifikasi data dukungan, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi secara langsung data dukungan yang diserahkan ke KPU ketika proses pendaftaran serta telah diklarifikasi. Verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 30 Mei-19 Juni 2018.

Kemudian berkaitan dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, KPU Kabupaten Pekalongan saat ini tengah melakukan bimbingan teknis mengenai proses perhitungan dan pemungutan suara. "Audiens yang kita undang adalah penyelenggara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan atau PPK," katanya.

Sehubungan pelaksanaan Pilgub Jateng 2018, sejumlah logistik untuk proses perhitungan dan pemungutan suara juga beberapa akan dikirim secepatnya dari KPU Provinsi Jawa Tengah. Beberapa alat logistik itu di antaranya tinta, alat coblos, lem dan alat tulis menulis.


(Agus Setiawan/CN40/SM Network)