• KANAL BERITA

Jelang Ramadan, Harga Sembako Pasar Tradisional di Brebes Masih Stabil

PASAR : Sejumlah pedagang dan masyarakat beraktivitas di Pasar Kersana, Kabupaten Brebes. Menjelang bulan Ramadhan, harga sembako di pasar itu masih terpantau stabil, Selasa (8/4).  (Foto: suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)
PASAR : Sejumlah pedagang dan masyarakat beraktivitas di Pasar Kersana, Kabupaten Brebes. Menjelang bulan Ramadhan, harga sembako di pasar itu masih terpantau stabil, Selasa (8/4). (Foto: suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka.com - Harga sembilan bahan pokok (Sembako) yang biasanya menjelang bulan Ramadhan mulai naik, tetapi di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Brebes dalam sepekan menjelang bulan puasa masih terpantau stabil. Meski ada kenaikan di beberapa harga kebutuhan, tetapi kenaikannya masih dinilai wajar.

Di Pasar Kecamatan Kersana misalnya, harga kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan masih relatif stabil. Harga beras misalnya, masih Rp 9.000/ kg. Kemudian, bawang merah berkisar Rp 25.000/ kg. Sedangkan bawang putih berkisar Rp 28.000/kg. Sementara harga cabe merah berkisaran Rp 30.000/kg, Harga cabai rawit Rp 25.000/ kg dan untuk harga daging ayam broiler Rp 35.000/ kg.

"Harga sembako di sini (pasar Kersana-red) masih stabil, belum ada kenaikan yang drastis seminggu jelang puasa kali ini," ujar petugas Pengelola Pasar Kersana, Cahyono, kemarin.

Menurut dia, dibanding tahun lalu, sepekan menjelang Ramadhan harga sudah merangkak naik. Namun untuk kali ini masih stabil.

Sementara pantauan di Pasar Jatibarang, harga beberapa kebutuhan lebih tinggi dibanding di Pasar Kersana. Harga beras premium misalnya, di Pasar Jabarang Rp 11.500/ kg. Sedangkan beras medium Rp 9.500/ kg. Gula pasir Rp 12.000/ kg, telur ayam Rp 26.000/ kg, bawang merah Rp 25.000/kg. Meski demikian, harga itu terbilang masih stabil dibanding hari-hari sebelumnya.

"Di sini belum ada kenaikan harga yang segnifikan meski sebentar lagi puasa," ujar Kepala Pasar Jatibarang M Nurochi, kemarin.

Dia mengungkapkan, meski saat ini masih stabil, tetapi dimungkinkan saat memasuki bulan puasa ada kenaikan harga. Sebab, saat puasa biasanya permintaan dari konsumen untuk kebutuhan bahan pokok mengalami peningkatan. "Stok sembako di pasar ini sangat cukup untuk memenuhi permintaan warga saat puasa nanti," jelasnya.


(Bayu Setiawan/CN41/SM Network)