• KANAL BERITA

Ketua DPR Ingatkan Pentingnya Edukasi Politik

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA. suaramerdeka.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masifnya informasi di media sosial menjelang Pemilu 2019 yang terkadang tak bisa dikontrol dan turut mempengaruhi cara pandang dan sikap masyarakat. 

Bamsoet, sapaan karib Ketua DPR, mengaku tak habis pikir berita hoaks maupun ujaran kebencian yang berbau fitnah bisa bercampur aduk sehingga membentuk opini. Parahnya, berita hoaks tersebut kemudian diterima sebagai suatu kebenaran lalu disebarluaskan, tanpa ada klarifikasi atau cover bothside. Tak jarang, elite politik maupun orang yang dianggap sebagai tokoh masyarakat menjadi bagian didalamnya.

"Hiruk pikuk media sosial kerap dimanfaatkan kelompok tertentu untuk mencapai tujuan politiknya, dengan mengembangkan politik identitas yang berbasis SARA, sehingga menimbulkan konflik di masyarakat. Ini tak boleh kita biarkan. Saya dukung penuh aparat kepolisian melakukan tindakan tegas. Jika tidak ditertibkan dari sekarang, ini akan menjadi fenomena bola salju yang semakin membesar dan liar. Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi taruhannya," ujar Bamsoet. 

Politisi Partai Golkar ini memandang perlu adanya peningkatan edukasi politik dan sosialisasi kepada masyarakat. Sehinggga, berbagai hal teknis maupun sengitnya persaingan politik tidak menambah kerumitan penyelenggaraan Pemilu dan menaikan tensi politik.

"Lancarnya urusan teknis bisa ikut mempengaruhi lancarnya tensi politik. Begitupun sebaliknya, berbagai kendala teknis bisa jadi akan menaikan tensi politik. Karena itu, DPR RI selalu mensupport KPU sebagai penyelenggara Pemilu agar bisa melakukan managemen yang lebih canggih dan handal. Sehingga semua proses dan tahapan Pemilu berlangsung demokratis dan kredibel," tegas anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah ini.


(Mahendra Bungalan/CN41/SM Network)