• KANAL BERITA

PDAM Komitmen Perbaiki Bahu Jalan Longsor

Sejumlah pengguna jalan melintas di jalur yang mengalami longsor di Dusun Gedangan, Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, Selasa (8/5) siang. (Foto: suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Sejumlah pengguna jalan melintas di jalur yang mengalami longsor di Dusun Gedangan, Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, Selasa (8/5) siang. (Foto: suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo, Retnoningsih berkomitmen memperbaiki bahu jalan provinsi yang mengalami longsor di Dusun Gedangan, Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo. Saat ini, kondisi pipa PDAM yang mengalami pecah dan bocor telah diperbaiki dan dalam waktu dekat perbaikan bahu jalan bakal dilakukan.

"Untuk pipa yang pecah sudah kami perbaiki. Besok tinggal siap-siap memperbaiki tanggul yang mengalami longsor. Anggaran sedang kami hitung dulu, ukuran sekitar 17 x 7 meter persegi," ujarnya melalui saluran ponsel, Senin (7/5) petang.

Ia mengaku belum mengetahu secara jelas penyebab pecahnya pipa tersebut. "Yang jelas pipa pecah," tandas dia singkat.

Terpisah, salah satu pengguna jalan, Rizal Al Kurni mengharapkan, penanganan bahu jalan yang longsor memang harus cepat dilakukan. Pasalnya, bahu jalan yang tergerus cukup lebar dan dalam. "

Hal yang tak kalah penting, saat ini kondisi musim tak menentu. Jika kondisi bahu jalan,masih dibiarkan menganga, ditakutkan badan jalan tersebut makin terkikis. "Semoga pihak terkait segera memperbaiki. Begitupun perusahan pemilik pipa yang bocor, harus turun tangan ambil tindakan," harapnya.

Sebelumnya, bahu jalan raya provinsi penghubung Wonosobo-Purworejo longsor di kilometer 20, tepatnya di Dusun Gedangan, Desa Pecekelan, Kecamartan Sapuran, Wonosobo Minggu (6/5) sekitar pukul 08.00. Lebar bahu jalan yang longsor sekitar 12 meter dan ketinggian sekitar 5 meter. Kondisi longsor disebabkan tanah tergerus air akibat pipa milik PDAM sepanjang 3 meter pecah dan bocor.


(M Abdul Rohman/CN41/SM Network)