• KANAL BERITA

Ketum MUI: Ijtima' Ulama Punya Arti Penting

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

BANJARBARU, suaramerdeka.com - Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin menegaskan MUI bertekad menjadi tenda besar semua komponen umat Islam di Indonesia, tanpa memandang asal usul dan tempat perkhidmatannya.

"MUI bertekad untuk menjadi tenda besar yang di dalamnya terdapat semua komponen umat Islam, yang berbeda-beda tapi tetap satu kesatuan," kata KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI ke-6 di Pondok Pesantren Al-Falah, Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (7/5).

Ijtima' Ulama Komisi Fatwa MUI ke-6 ini mengusung tema "Meningkatkan Peran Ulama Dalam Melindungi dan Memajukan Umat, Bangsa dan Negara". Event tiga tahunan ini dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden Joko Widodo.

Menurut KH Ma'ruf Amin, Ijtima Ulama mempunyai arti penting bagi MUI, terutama sebagai forum untuk mengonsolidasikan ormas dan kelembagaan Islam di Indonesia, khususnya yang terkait erat dengan aspek kefatwaan.

"MUI yang merupakan tenda besar umat Islam di Indonesia harus benar-benar bisa merangkul semua komponen umat Islam di Indonesia, di manapun mereka berkhidmah dan beraktifitas," katanya.

KH Ma'ruf Amin juga menekankan, kata "umat" tidaklah merujuk hanya pada kelompok tertentu saja dan menegasikan yang lain. MUI akan merangkul dan membimbing semua umat Islam di Indonesia, tanpa memandang asal usul dan tempat perkhidmatannya.

"Kami berdo’a semoga Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia ke-6 ini diridhai oleh Allah SWT dan dapat merumuskan hasil-hasil yang baik. Selamat bersilatul fikri, selamat bermusyawarah, selamat berijtima'," ujarnya.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)