• KANAL BERITA

Bandara Ngloram Mampu Dongkrak Potensi Ekonomi Blora

Warga beraktivitas di Bandara Ngloram, Cepu, Blora. (Foto Istimewa)
Warga beraktivitas di Bandara Ngloram, Cepu, Blora. (Foto Istimewa)

BLORA, suaramerdeka.com – Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo mengungkapkan, Bandara Ngloram Blora menyimpan potensi yang bisa mengembangkan perekonomian Blora, Cepu dan bahkan Kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur. Bekas Lapangan Terbang Ngloram tersebut merupakan aset Kementerian ESDM dan pernah aktif di era 1980-an.

Politikus PDIP itu menambahkan, bandara tersebut juga bisa menjadi bandara komersial dan mampu disinggahi pesawat berbadan besar, sehingga dapat mendongkrak potensi ekonomi dan pariwisata di Blora dan sekitarnya. 

Untuk bisa menjadi bandara komersial, lanjutnya, maka diperlukan adanya pengalihan status dari Kementerian ESDM ke Kementerian Perhubungan.

“Setidaknya ada dua harapan bandara baru di Jawa Tengah, yang satu di Purbalingga dan sudah dilakukan ground breaking oleh Pak Presiden dan harapan kita tahun depan sudah bisa jadi serta berikutnya kita mengejar yang Ngloram ini. Saya sudah bicara dengan pak menteri perhubungan, dan sedng berproses pengalihan status aset dari Kementerian ESDM ke Perhubungan. Sehingga, nanti tinggal dibuat DED ke pembangunan bandara,” kata Ganjar dilansir dari Radio Idola.

Bandara Ngloram menurut rencana akan dibangun landas pacu dengan panjang 1.350 meter dan lebar 40 meter. Selain itu, telah disiapkan areal seluas 1.500 meter persegi untuk turning area atau areal di ujung landas pacu.

Diperkirakan, untuk pengembangan Bandara Ngloram menjadi bandara komersial dibutuhkan anggaran sebesar Rp80 miliar. Anggaran tersebut berasal dari Kementerian Perhubungan, sedangkan pemprov dan Pemkab Blora hanya menghibahkan tanah untuk perluasan areal bandara. 


(ER Maya/CN19/SM Network)