• KANAL BERITA

Slank Bantu BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Peserta

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pentingnya menjadi peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan disadari semua orang. Namun kebanyakan dari mereka, terutama yang tak memiliki pekerjaan tetal, memilih pasif karena dianggak hanya pekerja formal yang bisa mendaftar.  

Kenyataan itu yang menggerakkan kelompok band rock Slank siap mengedukasi para Slanker, penggemarnya, yang tersebar di seliruh Indonesia. "Dari data di Facebook Slank saja Slanker yang aktif lebih dari delapan juta,"  kata Bimbim, drummer yang juga pendiri Slank, di Jakarta, Senin (7/5).  

Ia mengakui kawula muda penggemar Slank berasal dari kelas menengah ke bawah. Kebanyakan mereka bahkan tak memiliki pekerjaan. Ini meruakan sasaran edukasi. Mereka berhak ikut program BPJS untuk kategori pekerjan di luar hubungan industrial.  

Bimbim dan Slank bergabung dengan PT Join Kandidat, sebuah perusahaan berbasis IT dengan salah satu produknya yaitu aplikasi berbasis smartphone tentang ketenagakerjaan, resmi mengadakan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. MoU ditandatangani Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, dengan Direktur Utama PT Join Kandidat, Adistya Fajar Pietarto.  

“Kami terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar implementasi perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dapat berjalan maksimal,” ujar Ilyas.

Ia mengapresiasi niat baik PT Join Kandidat dan band Slank. Tujuan kerja sama sebagai upaya untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada dari masing-masing pihak untuk saling mendukung dan bersinergi dalam rangka meningkatkan peserta dari pekerja sektor Bukan Penerima Upah (BPU).  

Dalam perjanjian tersebut, PT Join Kandidat akan mendukung penyebaran informasi melalui media yang dimiliki, seperti media sosial atau media iklan lainnya agar komunitas Join Kandidat mendapatkan informasi program BPJS Ketenagakerjaan, proses pendaftaran dan pembayaran iuran program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Langkah ini juga untuk memudahkan masyarakat memperoleh infromasi  program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang seharusnya dimiliki oleh seluruh pekerja di Indonesia. Kami juga akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat pekerja,” ucap Ilyas. 


(Wahyu Atmadji/CN39/SM Network)