• KANAL BERITA

UIN Walisongo Buka Prodi Manajemen S1

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Imam Yahya bersalaman dengan Rosyidul Umam Aly dari Telkom Jateng disaksikan Rektor UIN Walisongo Muhibbin. (suaramerdeka.com/dok)
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Imam Yahya bersalaman dengan Rosyidul Umam Aly dari Telkom Jateng disaksikan Rektor UIN Walisongo Muhibbin. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Konversi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, memberikan tanggung jawab yang besar kepada civitas akademikanya untuk mengembangkan semua disiplin ilmu. "Baik ilmu berbasis agama mau pun ilmu umum," kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  Imam Yahya, kemarin.

Menurutnya, sejak tahun 2015 UIN Walisongo bertambah sembilan  program studi (Prodi) umum yang dinaungi di tiga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Sain dan Teknologi (Saintek), dan Fakultas  Psikologi dan Kesehatan (FPK).

''Tahun ini melalui SK Menteri Ristek Dikti Nomor 293/KPT/I/2018, UIN Walisongo diberi mandat untuk membuka Prodi baru S1 Manajemen dan Prodi Teknik Informasi,'' kata Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Walisongo, Musahadi.

Pendaftaran calon mahasiswa baru bisa melalui SBM PTN tahun 2018 yang akan selesai pada akhir  bulan April ini, dan Ujian Jalur Mandiri (UJM) yang akan dilaksanakan 26 Juni hingga 13 Juli 2018.

Musahadi menjelaskan, tahun ini UIN membuka dua prodi baru, guna merespon revolusi industri 4.0, khususnya di bidang informasi dan bisnis digital. Dua prodi ini sangat penting dan sangat dibutuhkan masyarakat.  

Secara teknis, Dekan FEBI Imam Yahya, menyampaikan persiapan pembukaan prodi manajemen sedang dalam proses penyusunan kurikulum  di tingkat Fakultas yang berbais unity of sciences (kesatuan ilmu). 

“Kami sedang mempersiapkan desain kurikulum Program Studi Manajemen dengan mengambil spesifikasi konsentrasi Manajemen Halal dan Manajemen Bisnis. Ya ini menambah peminatan yang sudah berjalan di Fakultas Ekonomi Bisnis lainnya yang biasanya konsentrasi manajemen SDM, Keuangan, Pemasaran dan Operasional," katanya.

Respon positif dari masyarakat bisa dilihat dari perkembangan pendaftar Prodi Manajemen melalui SBM-PTN tahun ini, di mana Prodi Manajemen menempati urutan pertama dari 11 prodi yang ditawarkan di UIN Walisongo Semarang. ''Prodi S1 Manajemen hanya menerima 28 mahasiswa tapi yang mendaftar 857 orang calon mahasiswa,'' katanya.

Prodi lain yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis UIN Walisongo yakni Program Studi Akuntansi Syariah, Program Studi  Perbankan Syariah dan Program Studi  Ekonomi Islam mengikuti pendaftaran mahasiswa melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) pada 12 April-8 Mei 2018, yang secara teknis  dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.


(Agus Fathuddin/CN40/SM Network)