• KANAL BERITA

Kang Hasan Siap Realisasikan TPA Regional Ciayumajakuning

foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Cagub nomor urut 2, TB Hasanuddin, menyatakan siap merealisasikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) sebagai solusi masalah sampah di kawasan tersebut.

Kesiapan itu ditegaskan Kang Hasan di sela-sela menyambangi TPA Ciledug, Kabupaten Cirebon yang dinilai sudah memperihatinkan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar, seperti bau yang tidak sedap, hingga mencemari air Sungai Cisanggarung, Senin (7/5).

"TPA Ciledug ini terlalu dekat dengan jalan umum, paling tidak 4 Km dari jalan umum. Ini harus kita siapkan TPA yang baru," katanya, dalam keterangan yang diterima.

Pihaknya menilai kehadiran TPA Regional Cimajayukuning yang sudah lama digagas mendesak direalisasikan. "Informasinya, sudah ada nota kesepahaman antara Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar, terkait TPA regional. Bahkan sudah ada Perdanya. Tapi hingga saat ini belum juga terwujud," kata Kang Hasan.

Untuk itu, mantan Wakil Ketua Komisi I DPR ini menegaskan, kesiapannya untuk merealisasikan hal tersebut, bila terpilih sebagai Gubernur Jabar lima tahun ke depan. 

"Kalau dibiarkan seperti ini, yang rugi adalah masyarakat, kalau memang tidak ada tindak lanjut, saya yang akan merealisasikan TPA regional itu," katanya.

Ditambahkan, untuk menyelesaikan persoalan sampah di Jabar, pihaknya akan nenggulirkan program Turkamling (Infrastuktur, Keamanan, dan Lingkungan). Salah satunya, dengan melakukan pengelolaan sampah secara terpadu, baik limbah industri maupun sampah rumah tangga. 

Bersama pasangannya Anton Charliyan Amanah (Hasanah), Kang Hasan juga akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta bagaiaman mengelola sampah dengan baik, agar tidak mencemari lingkungan.


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)