• KANAL BERITA

RK Siap Sediakan Pergudangan Komoditi Garam dan Udang

foto: istimewa
foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Cagub Ridwan Kamil (RK) bakal menggagas sistem pergudangan juara bagi para petani garam dan udang. Sesuai dengan programnya, keberadaan gudang itu juga untuk mengatur tata niaga komoditi pertanian mau pun peternakan secara  berkelanjutan.  Hal tersebut diungkapkannya, saat berdialog dengan petani garam di Desa Rawa Urip, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon seperti dalam keterangan yang diterima, Senin (7/5).

Dijelaskan, pihaknya memiliki konsep untuk mengatur tata niaga komoditi hasil pertanian, perikanan, mau pun peternakan dengan membuat konsep pergudangan. “Kita akan atur suplai komoditi tersebut ke pasar agar harga tidak anjlok saat paceklik,” katanya.

Dalam kegiatan kampanye itu, RK mengaku sempat takjub akan kemandirian petani setempat. Petani udang bisa beromzet Rp 700 juta setiap kali panen dari lahan  1 hektare dengan masa panen dua kali setahun. Jika musim panen lancar, petani omzetnya rata-rata Rp 100 juta per bulan. 

“Ini potensi ekonomi luar biasa. Petani garam juga omzetnya bisa mencapai kisaran Rp 7 juga hingga  Rp 10 juta per hektare,” katanya, sambil menyebut potensi tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu wilayah lain di Jawa Barat yang mempunyai lahan luas tapi belum terpikirkan komoditi yang akan dikembangkan.


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)