• KANAL BERITA

Mural-Grafiti, Seni Apik Nan Kaya Inspirasi

Write Together IV di Pasar Wonogiri

Para pecinta seni mural dan grafiti melukis tembok di gang sebelah selatan Pasar Kota Wonogiri, Minggu (6/5). (suaramerdeka.com/dok)
Para pecinta seni mural dan grafiti melukis tembok di gang sebelah selatan Pasar Kota Wonogiri, Minggu (6/5). (suaramerdeka.com/dok)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Para pecinta seni mural dan grafiti yang tergabung dalam Wonogiri Street Art menggelar Write Together IV, Minggu (6/5). Mereka melukis tembok di gang sebelah selatan Pasar Kota Wonogiri, tepatnya di Lingkungan Bauresan, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri.

Ketua Wonogiri Street Art, Muhammad Dihyah Al Qolby mengatakan, aksi itu diramaikan para pecinta seni mural dan grafiti dari berbagai daerah, seperti Semarang, Bali, Salatiga, serta Solo dan sekitarnya.

Kegiatan itu diikuti lebih dari 80 peserta. Sebagian besar dari mereka berasal dari kalangan mahasiswa. "Write Together merupakan agenda tahunan. Acara itu kami lakukan untuk menyambut Hari Jadi Ke-277 Kabupaten Wonogiri," katanya.

Melalui aksi itu, dia ingin menunjukkan seni mural dan grafiti bertujuan untuk memperindah, bukan merusak. Dia berharap, masyarakat lebih mengenal mural dan grafiti, sebagai seni yang kaya akan inspirasi. Selain itu bisa membedakannya dengan aksi vandalisme.

"Mural dan grafiti itu tidak asal coret-coret seperti vandalisme, tetapi ada seni yang apik dan resmi. Kami juga berharap pemerintah memandang positif seni mural dan grafiti," terangnya.

Hasil karya mereka dapat menjadi objek swafoto. Menurutnya, tempat yang indah dan berwarna menjadikan masyarakat lebih bersemangat menjaga lingkungannya. Ia juga berencana memberikan workshop kepada anak-anak di lokasi Write Together IV.

Sebelumnya, Write Together I telah diadakan di bekas gudang arang Wonokarto pada 2015 lalu, sedangkan Write Together II diadakan di bekas pabrik Air Mancur sebelah timur kantor Agraria tahun 2016. Ada pun Write Together II dan Write Together IV diadakan gang sebelah selatan Pasar Kota Wonogiri.


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)