• KANAL BERITA

Penentuan Akhir di Tangan Bupati Blora

Pansel Rekomendasikan Tiga Nama Calon Sekda

Pengumuman hasil seleksi akhir calon sekda Blora, Senin (7/5). (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Pengumuman hasil seleksi akhir calon sekda Blora, Senin (7/5). (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Hasil akhir seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah (sekda) Blora diumumkan Senin (7/5). Dari lima peserta, panitia seleksi (pansel) memutuskan tiga orang dinyatakan memenuhi syarat dan direkomendasikan kepada Bupati Blora untuk diangkat menjadi sekda.

Ketiganya adalah Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Komang Gede Irawadi, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ass II), Slamet Pamuji, dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Wahyu Agustini. Pengumuman hasil akhir itu diumumkan di website BKD Blora berdasarkan pengumuman nomor 17/PANSEL JPT/V/2018 ditandatangani Ketua Pansel, M Arief Irwanto, yang juga kepala BKD Jateng.

Sebelumnya, seleksi calon sekda diikuti lima orang peserta. Dua peserta lainnya adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Purwanto serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Samgautama Karnajaya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dari tiga pejabat yang dinyatakan lolos hasil akhir seleksi terbuka sekda Blora 2018, dua diantaranya yakni Komang Gede Irawadi dan Slamet Pamuji pernah mengikuti seleksi sekda di akhir tahun 2014. Kala itu seleksi juga diikuti Purwanto dan tiga pejabat lainnya yaitu Winarno (kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB) serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Sutikno Slamet, dan Bondan Sukarno yang ketika itu manjabat Plt Kepala Dinas PU dan Assisten II.

Di seleksi sekda 2014 tersebut, Slamet Pamuji dan Komang Gede Irawadi lolos hingga seleksi akhir bersama Bondan Sukarno. Ketiganya selanjutnya memaparkan rencana strategis (renstra) atau visi misinya di hadapan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Bupati Djoko Nugroho diminta menentukan satu dari tiga orang tersebut sebagai sekda. Namun lantaran Djoko Nugroho maju lagi sebagai calon bupati Blora di Pilkada, 9 Desember 2015, pengisian jabatan sekda definitif diurungkan. Sebab, berdasarkan UU tentang Pilkada nomor 1 tahun 2015, petahana atau bupati yang akan mencalonkan diri lagi dalam Pilkada dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir. Hingga jabatan sekda ketika itu tetap dijabat Plt Sekda Sutikno Slamet. Jabatan sekda Blora definitif baru terisi 31 Desember 2016 dengan dilantiknya Bondan Sukarno.

Lolos Seleksi 

Lalu bagaimana komentar Komang Gede Irawadi dan Slamet Pamuji yang untuk kali kedua mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos seleksi akhir sekda. ‘’Mengalir saja seperti air,’’ ujar Komang.

Ada pun Slamet Pamuji mengatakan, bahwa siapa pun nanti yang jadi sekda, dia siap. "Termasuk mendukung dan menyukseskan program-programnya. Yang penting yang terbaik untuk Kabupaten Blora," tandasnya. 

Sementara itu, Wahyu Agustini yang baru kali pertama mengikuti seleksi sekda dan lolos hingga seleksi akhir mengaku bersyukur. Dia pun siap mendukung siapa pun yang akan ditunjuk oleh Bupati Djoko Nugroho menjadi sekda. ‘’Prinsipnya, saya Alhamdulillah telah memenuhi syarat. Siapapun yang nantinya mendapat amanah dari Pak Bupati, kami siap melaksanakan dan mendukungnya. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk yang terbaik untuk Blora tercinta,’’ kata Wahyu Agustini. 

Dengan telah diumumkannya hasil akhir seleksi calon sekda, tahapan selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengajukan ketiga nama tersebut kepada Gubernur Jateng dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Pengajuan itu dalam rangka koordinasi dan verifikasi terkait proses seleksi apakah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika telah dinyatakan memenuhi prosedur, Bupati Djoko Nugroho selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) akan menentukan satu diantara tiga orang itu untuk ditetapkan menjadi sekda menggantikan Sekda Bondan Sukarno yang akan pensiun 1 Juni. 


(Abdul Muiz/CN40/SM Network)