• KANAL BERITA

Kejar Lebaran, Intensitas Truk Tol Meningkat

TRUK TANAH URUG: Intensitas lalu lintas truk tol di ruas Sitemu-Cibiyuk meningkat. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
TRUK TANAH URUG: Intensitas lalu lintas truk tol di ruas Sitemu-Cibiyuk meningkat. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Intensitas lalu lintas truk pengangkut tanah uruk jalan tol Pemalang-Batang meningkat akhir-akhir ini. Peningkatan terjadi di ruas Sitemu-Cibiyuk untuk mengejar pekerjaan jalan fungsional selesai satu sisi pada Lebaran nanti.

Humas PT Waskita Karya Paket II Ruas Sewaka-Gandulan, John Peang mengatakan, tanah urug yang digelar di ruas Sitemu-Cibiyuk naik volumenya hingga mencapai dua kali lipat. "Sebelumnya per hari kubikasi volume tanah uruk berkisar 12.000 meter kubik (m3), sekarang meningkat mencapai 24.000 m3," jelasnya.

Bahkan beberapa hari lalu mencapai 29.000 m3. Dengan adanya peningkatan ini dia optimistis pekerjaan bisa tepat waktu yakni selesai pada Oktober 2018 mendatang.

Dengan adanya peningkatan itu lanjutnya saat Lebaran ruas tersebut bisa dilalui arus mudik. Untuk ruas ini secara umum pekerjaan sudah 40 persen. Sedangkan untuk pekerjaan urukan tanah hampir selesai.

"Antara Sitemu hingga Cibiyuk tidak terdapat flyover (jembatan layang) hanya berupa box-box saja (underpass) semuanya saat ini sudah tersambung. Sehingga kami yakin pada saat hari raya idul fitri bisa digunakan untuk mudik meski masih fungsional," terangnya.

Pada saat hari raya untuk mengantisipasi arus mudik pelaksana pembangun tol diminta untuk menyelesaikan timbunan di salah satu sisi saja agar bisa digunakan fungsional. Namun dengan adanya peningkatan volume tanah uruk yang masuk lokasi pekerjaan tidak menutup kemungkinan kedua sisi jalan sudah terisi tanah uruk semua sampai Cibiyuk.


(Ali Basarah/CN30/SM Network)