• KANAL BERITA

Balitbangtan Gelar Tarhib Ramadan 1439 Hijriah

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BOGOR, suaramerdeka.com – Menyambut kehadiran bulan suci Ramadan 1439 H, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Tarhib Ramadan bertema “Bersihkan Hati, Kuatkan Ukhuwah, dan Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama” di Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor, Senin-Rabu (7-9/5).

Tarhib Ramadan dihadiri Martati Amran Sulaeman dan dibuka oleh Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir.

Kepala Balai PATP Balitbangtan Kementan, Retno Sri Hartati Mulyandari, dalam keterangan yang diterima Suaramerdeka.com, Senin (7/5) menyatakan, "Pada Tarhib Ramadan yang digelar selama tiga hari ini akan diadakan berbagai kegiatan sosial, aneka lomba, pasar murah, pameran tenant teknologi Balitbangtan, bimbingan teknis, dan Agroeduwisata."

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan Korpri Balitbangtan bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitbangtan dalam rangka kegiatan sosial menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1439 H. Pada acara ini akan disampaikan ribuan paket sembako bagi para karyawan yang kurang mampu, utamanya Pegawai Harian Lepas (PHL).

"Sebagai tanda kepedulian DWP dan Korpri Balitbangtan akan dilaksanakan pembagian 2.500 paket sembako, terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 2 liter. Paket sembako ini dibagikan kepada para tenaga kontrak dan pegawai Golongan I di lingkup Balitbangtan," ungkapnya.

Aneka lomba juga digelar baik untuk masyarakat umum maupun dan karyawan. Diantaranya, perlombaan Pildacil atau pemilihan da’i cilik sebagai wadah penyalur bakat putra/putri kita dalam syiar islam, merangkai bunga, lomba pangan lokal non beras, dan lomba menyanyikan lagu Islami.

Selain itu, digelar pasar murah bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia (TTI) dan PT. Berdikari untuk membantu masyarakat umum memperoleh bahan pokok dengan harga lebih murahdari harga pasaran umum. Pasar Murah diantaranya menyediakan sembako murah serta daging sapi, kerbau, daging ayam beku, olahan daging sapi, dan produk pertanian lainnya.

"Nilai plus Tarhib Ramadan tahun ini adanya pameran tenant teknologi Balitbangtan serta Bimbingan teknis  (Bimtek)  dan Agroeduwisata gratis. Kegiatan menarik ini merupakan upaya Balitbangtan untuk mendekatkan dan mengenalkan inovasinya kepada masyarakat sebagai end user," terangnya.


(Linda Putri/CN33/SM Network)