• KANAL BERITA

127 Mahasiswa Bersaing Menjadi Wirausaha Handal 

Praktisi dan pengusaha Ir Polin W Napitupulu, sedang memberi materi pada 127 mahasiswa yang ingin berwirausaha. (Foto: suaramerdeka.com/Sugiarto)
Praktisi dan pengusaha Ir Polin W Napitupulu, sedang memberi materi pada 127 mahasiswa yang ingin berwirausaha. (Foto: suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sedikitnya 127 mahasiswa yang terbagi dalam 27 tim yang berasal dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, dan Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, bersaing menjadi 10 tim terbaik untuk meraih bantuan dana hibah Iptek Kewirausahaan (ibK).

Persaingan untuk menjadi yang terbaik tersebut, digelar dalam suatu kegiatan workshop kewirausahaan yang digelar di Ruang Dewantara Convention Room (DCR) Kampus 1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Jalan Kusumanegara, Yogyakarta, kemarin. 

''Dari 127 mahasiswa yang terbagi dalam 27 tim, nanti akan diambil 10 tim terbaik. Setelah itu, mereka akan kita bantu untuk mengembangkan usahanya melalui dana hibah Iptek Kewirausahaan (ibK),'' ujar Dr Sri Hermuningsih MM, CFP, selaku Ketua Tim UST disela-sela workshop kewirausahaan. 

Namun untuk bisa memenangkan bantuan dana tersebut, mereka harus bersaing dengan cara adu program. Sehingga persaingan menjadi fair karena adu program tersebut, ditangani langsung oleh dosen pebimbing. Kebetulan Tim UST tahun 2018 kembali berhasil memenangkan program hibah Iptek Kewirausahaan (ibK) untuk yang kedua kalinya.  

''Kebetulan tahun ini, Tim UST berhasil menang kembali program hibah Iptek Kewirausahaan(ibK),'' kata Dr Sri Hermuningsih MM, CFP. ''Kegiatan yang kami gelar hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu mengajarkan kewirausahaan pada mahasiswa,'' tambah dia menjelaskan.

Tahun 2017 lalu pelaksanaan hibah lbK UST, diikuti 105 mahasiswa yang terbagi dalam 21 tim usaha yang berasal dari Program Studi Teknik Industri, Agribisnis, Manajemen, dan Seni Rupa. Dari jumlah tersebut, akhirnya berhasil membina 11 usaha mahasiswa binaan dengan jenis usaha kuliner, fashion, craft, kerajinan dan proses pengolahaan limbah.

Binaan tim UST ini sekarang sudah berhasil, bahkan hasilnya sudah diikutsertakan pada pameran Invesda Forum dan Expo 2018 yang telah dilakukan pada 26-29 April 2018 lalu di Jogja Expo Center (JEC). ''Hasil usaha mereka sekarang sudah berkembang,'' jelas Sri Hermuningsih.

Menurut Sri Hermuningsih, tahun 2018 merupakan tahun kedua tim UST memenangkan hibah Iptek Kewirausahaan (ibK). Kemenangan ini atas kerja keras, Dr Sri Hermuningsih MM, CFP, sebagai ketua tim, dengan anggota Retno Widiastuti ST, M,Eng dan Reza Bayu Kurniawan ST MSc. 

Dana Hibah Iptek, merupakan salah satu skema pengabdian masyarakat yang disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru dari kampus melalui program terintegrasi dan kreasi metode mandiri yang dilakukan UST sebagai salah satu universitas pemenang hibah program lbK.

Reltor UST Yogyakarta, Drs H Pardimin MPd dalam kesempatan itu mengatakan, apa yang dilakukan ini bukti UST mendorong mahasiswa maupun alumni UST untuk memiliki kopentensi berwirausaha. Hal ini diperkuat dengan kemajuan teknologi yang dapat mendukung pengembangan usaha mahasiswa UST ke skala yang lebih besar.

''Kami berharap melalui program ibK UST di tahun yang kedua ini, bisa menambah wirausaha-wirausaha mahasiswa di UST untuk menjadi lulusan yang mandiri dan unggul serta turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia,'' katanya. 


(Sugiarto/CN19/SM Network)