• KANAL BERITA

Perbankan Diminta Perluas Layanan KUR

Pemimpin Jaringan dan Layanan BNI Kantor Wilayah (Kanwil) Semarang, Agustinus Fernando Pinem, menyampaikan arahan dan saran kepada petugas teler BNI Kantor Kas Bandungan. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
Pemimpin Jaringan dan Layanan BNI Kantor Wilayah (Kanwil) Semarang, Agustinus Fernando Pinem, menyampaikan arahan dan saran kepada petugas teler BNI Kantor Kas Bandungan. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkab Semarang mengimbau pihak perbankan untuk segera memperluas layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di beberapa wilayah perdesaan. Imbauan tersebut disampaikan Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Semarang, Jati Trimulyanto, usai menghadiri Peresmian BNI Kantor Kas Bandungan, baru-baru ini. Menurutnya, KUR bisa diberikan tidak hanya kepada UMKM. Tetapi bisa menjangkau para petani holtikulura di Kecamatan Bandungan dan sekitarnya.

“Pemkab Semarang menyambut gembira, dengan bertambahnya lembaga keuangan yang beroperasi di Kabupaten Semarang menunjukkan potensi ekonomi yang baik,” katanya.

Dengan adanya BNI Kantor Kas Bandungan, masyarakat dan nasabah tidak perlu jauh-jauh bila ingin ke Kantor BNI. Pembukaan sekaligus peresmian kantor kas itu, dilakukan oleh Pemimpin Jaringan dan Layanan BNI Kantor Wilayah (Kanwil) Semarang, Agustinus Fernando Pinem, bersama Pemimpin BNI Kantor Cabang Salatiga, Nuri Idayana, dan disaksikan Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Semarang, Jati Trimulyanto.

“Ini merupakan bagian dalam rangka meningkatkan kinerja ekonomi di Kabupaten Semarang khususnya daerah Bandungan dan sekitarnya,” imbuhnya.

Agustinus Fernando Pinem menjelaskan, Kantor Kas Bandungan ini merupakan Kantor Operasional BNI yang ke-87 di Wilayah Semarang. Selain untuk melebarkan sayap bisnis, ia berharap agar akses masyarakat dalam bertransaksi di BNI menjadi lebih mudah. Kantor yang lokasinya dekat dengan Pasar Bandungan ini diharapkan bisa mendorong pemberdayaan sektor riil dan UMKM.

Pihaknya menilai, Kawasan Wisata Bandungan sudah berkembang baik dengan hadirnya sejumlah destinasi wisata unggulan. Tidak hanya itu, dari lereng Gunung Ungaran ini juga banyak hasil pertanian yang dikembangkan oleh masyarakat. “Kita bisa mendukung usaha warga dengan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan penyaluran KUR,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan pula secara simbolis kredit KUR, BNI Fleksi dan BNI Griya, serta Agen 46 sebagai bentuk dukungan atas kerja sama para nasabah. Per awal Mei 2018, Fernando menyebutkan, BNI Kanwil Semarang telah memiliki 11 Kantor Cabang, 38 Kantor Cabang Pembantu, 38 Kantor Kas, tujuh Payment Point, BNI Layanan Gerak, 776 Anjungan Tunai Mandiri (ATM), serta 5.861 Agen 46 yang tersebar dari Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Blora. 


(Ranin Agung/CN40/SM Network)