• KANAL BERITA

Orang Tua Harus Melek Media Sosial

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SALATIGA, suaramerdeka.com - Orang tua di zaman sekarang dan masa depan harus melek media atau istilah populernya sudah lulus literasi media. Artinya orang tua dan calon orang tua mampu mengakses, memilah, memilih dan kritis dalam menggunakan media sosial dengan tepat. Hal ini membuat orang tua dapat keep up atau senantiasa nyambung dengan anaknya.

Pendapat itu disampaikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Salatiga, Siti Mardjuwwatil Mahmudah Rahmat Hariyadi, saat menjadi pembicara dalam seminar dengan tema "Pendampingan orang tua dalam penggunaan media sosial bagi anak" di kampus tersebut, baru-baru ini. Seminar diikuti organisasi perempuan seperti Muslimat dan Aisyiyah di Salatiga dan sekitarnya. Seluruh peserta seminar memakai pakaian kebaya. 

"Untuk mendampingi anak dan remaja dalam menggunakan media sosial, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua dan calon orang tua.  Di antaranya, kualitas hubungan orang tua dengan anak atau remaja harus selalu ditingkatkan. Targetnya orang tua harus dekat secara psikologis dengan anak atau remaja. Kedekatan ini memudahkan komunikasi yang terbuka antara orang tua-anak," tandasnya.  

Ditambahkan dia, orang tua harus membangun iklim hangat positif sejak dini dengan anak. Termasuk menetapkan aturan-aturan dan menegakkannya di dalam keluarga. Ketegasan orang tua  diperlukan dalam pendisiplinan ini dengan dilandasi kasih sayang. 

Pembicara lain, Muna Erawati (Dosen IAIN Salatiga) berpendapat, penggunaan media sosial semakin hari semakin meningkat. Bahkan anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun pun sudah mempunyai account di media sosial seperti instagram atau pun facebook. Padahal sebetulnya sudah ada aturan batasan usia minimal untuk membuka account di media sosial.  

"Di era digital ini, tantangan terberat bagi para orang tua adalah kemudahan akses internet yang tidak terbatas untuk mendapatkan beragam konten tanpa aturan. Anak sekarang lebih tahu banyak dari orang tuanya. Orang tua seyogyanya mengenalkan internet sesuai dengan usia anak, dan harus tetap mendampingi anak saat berselancar di dunia maya, terutama bila anak masih berusia di bawah 16 tahun," katanya. 


(Moch Kundori/CN40/SM Network)