• KANAL BERITA

Nilai Investasi Tembus Rp 74 Triliun

Proses perluasan pabrik yang ada di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Jepara, beberapa tahun silam. (suaramerdeka.com/Adi Purnomo)
Proses perluasan pabrik yang ada di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Jepara, beberapa tahun silam. (suaramerdeka.com/Adi Purnomo)

JEPARA, suaramerdeka.com - Tren investasi di Kota Ukir terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu, total investasi tembus Rp 74,4 triliun lebih. Dari data Pemkab Jepara, mayoritas investor asing atau pemilik modal asing (PMA).

Dari Rp 74,4 triliun lebih itu, Rp 73,5 triliun berasal dari PMA dengan 331 investasi. Sisanya, yakni sekitar Rp 965,2 miliar dari 710 pemilik modal dalam negeri (PMDN).

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa tahun terakhir, Jepara kedatangan para investor asing dengan nilai investasi besar. Investor asing itu bergerak di bidang industri garmen, tekstil hingga industri metal. Pabrik yang menyerap ribuan tenaga kerja berdiri di Kecamatan Mayong, Pecangaan hingga Batealit.

Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi menjelaskan, banyaknya investor yang datang menanamkan modalnya di Jepara tak lepas dari pelayanan perizinan yang disokong kondusivitas daerah, dan akses jalan yang memadai. ‘’Untuk perizinan tentu kita terapkan yang tidak berbelit-belit, tidak dipersulit,’’ terang Bupati.

Nilai investasi di Jepara mengalami lonjakan tajam pada 2015. Dari sumber data Pemkab pada 2015 lalu total nilai investasi Rp 69,5 triliun lebih. Sebanyak Rp 63,9 triliun lebih merupakan investasi yang ditanamkan oleh 246 PMA. Sisanya oleh 538 PMDN.

Padahal setahun sebelumnya, nilai total investasi di Jepara baru menginjak angka Rp 10,032 triliun lebih. Sebanyak Rp 9,45 triliun disokong 214 PMA, dan sisanya, Rp 577,3 miliar disokong 431 PMDN.

Marzuqi menyebut, Pemkab membuka lebar pintu investasi di Jepara. Alasannya, selain menambah pemasukan bagi daerah dari sektor pajak, juga menyerap banyak tenaga kerja. ‘’Kemungkinan nanti investasi di Jepara akan semakin banyak,’’ tuturnya.


(Adi Purnomo/CN40/SM Network)