• KANAL BERITA

Koramil Banyumanik Sinergikan dengan Komas

Danramil Banyumanik Semarang, Mayor Inf Suradi berbincang dengan para Tokoh Masyarakat, Camat dan Binmas Polsek Candisari dan Banyumanik. (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
Danramil Banyumanik Semarang, Mayor Inf Suradi berbincang dengan para Tokoh Masyarakat, Camat dan Binmas Polsek Candisari dan Banyumanik. (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Komandan Rayon Militer (Danramil) 05 Banyumanik, Mayor Inf Suradi, menegaskan perlunya menjalin komunikasi antara prajurit Koramil TNI AD dengan seluruh komponen masyarakat (komas) untuk membentuk kemanunggalan yang solid. Untuk itu, setiap  prajurit harus mampu menebarkan virus kerukunan, guna menciptakan situasi kondusif di masyarakat. Hal tersebut diungkankan Mayor Inf Suradi saat kegiatan Silaturahmi dan Komunikasi Sosial Komponen Masyarakat Se-Kecamatan Candisari dan Banyumanik di aula Perumahan Perwira TNI AD samping Koramil Banyumanik, baru-baru ini.

“Komunikasi sosial (komsos) ini sangat penting untuk menjalin komunikasi antara prajurit Koramil Banyumanik dengan seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat kami rangkul dalam menciptakan situasi damai, kondusif dan aman di wilayahnya. Mereka juga kita ajak diskusi untuk menangkal provokasi-provokasi yang dapat memecahbelah kerukunan,” jelasnya.

Danramil mengatakan, wilayah Koramil Banyumanik yang cukup luas dengan mencakup Kecamatan Banyumanik dan Candisari membuat komsos harus lebih diintensifkan. Apalagi dalam waktu dekat akan digelar Pilkada.

“Suhu politik dalam Pilkada tidak menutup kemungkinan mampu menyeret situasi yang kurang kondusif dengan adanya provokasi-provokasi di masyarakat. Komsos ini salah satu usaha menangkal kondisi tersebut. Kami ingin pilkada mendatang bisa berlangsung jujur, adil, lancar dan situasi yang kondusif serta aman,” jelasnya.

Sementara itu Moeljanto, Camat Candisari mengatakan, komsos seperti ini sangat efektif dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara komas dengan Koramil dan Polsek.

“Kegiatan komsos harus sering dilakukan terutama situasi saat ini. Masyarakat perlu menjaga iklim kondusif, apalagi pesta demokrasi pilkada yang akan berlangsung sebentar lagi ini. Kami bekali edukasi-edukasi kepada masyarakat dalam forum ini sehingga kami semua dapat bergandengan tangan mewujudkan kemanunggalan dan suasana aman,” jelasnya.

Dalam kegiatan silaturahmi yang dihadiri perwakilan tokoh masyarakat tersebut, juga dihadiri Camat Banyumanik, Sigit Suroso, Pasiter Kodim 0733 BS Semarang,  Kapten Inf Susanto, serta perwakilan dari Binmas Polsek Candisari dan Polsek Banyumanik.

Dalam waktu yang bersamaan juga digelar komsos oleh Koramil Genuk yang dipimpin Mayor Inf Imam Masroni bersama Tokoh dan Komponen Masyarakat (Komas) Se-Kecamatan Genuk Semarang di Aula Kantor Kecamatan Genuk. 


(Maulana M Fahmi/CN40/SM Network)