• KANAL BERITA

Persiapan Revitalisasi Pasar Terus Dimatangkan

Kondisi Pasar Plumbon yang akan direvitalisasi di Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (6/5). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)
Kondisi Pasar Plumbon yang akan direvitalisasi di Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (6/5). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Persiapan revitalisasi atau pembangunan pasar tradisional yang berada di sejumlah kecamatan, dimatangkan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sukoharjo. Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo, Sutarmo, rencana revitalisasi pasar tradisional yang berjumlah empat buah itu, sudah pasti dilakukan tahun ini. Dia memastikan tidak ada yang diundur. Bahkan saat ini persiapan revitalisasi terus dimatangkan, sehingga proyek bisa mulai dilakukan pada bulan Juli atau setelah Lebaran. “Sudah pasti empat pasar. Masih sesuai rencana. Tidak ada yang ditunda. Pasalnya empat pasar tradisional itu butuh dibangun ulang,” kata dia, Minggu (6/5).

Lebih lanjut Sutarmo menjelaskan, pasar yang akan direvitalisasi yakni Pasar Daleman di Kecamatan Baki, Pasar Kepuh di Kecamatan Nguter, Pasar Purwo di Kecamatan Weru dan Pasar Plumbon di Kecamatan Mojolaban. Untuk saat ini proses revitalisasi yang masuk lelang itu, akan segera diumumkan pemenangnya melalui layanan pengadaan secara eletronik (LPSE). “Jadi kenapa setelah Lebaran, agar pedagang bisa fokus berjualan dulu. Apalagi Lebaran kan pas ramai-ramainya,” jelas dia.

Dia menambahkan, empat pasar yang direvitalisasi tahun ini, akan menambah daftar panjang pasar yang sudah diperbaiki. Dalam beberapa tahun ini, sudah sekitar ada delapan pasar yang direvitalisasi. Dia berharap dengan dengan bertambahnya pasar tradisional yang diperbaiki, akan mendongkrak perekonomian masyarakat kecil di setiap kecamatan. “Seperti Pasar Gawok di Kecamatan Gatak usai kami bangun, sekarang semakin ramai. Saatnya ekonomi kerakyatan menjadi terangkat,” ungkapnya. 


(Asep Abdullah/CN40/SM Network)