• KANAL BERITA

Hutan Sangkanjaya Dibuka untuk Jalan Tembus

MEMAPARKAN PROGRAM :  Plt Camat Balapulang, Fakihurrakhim memaparkan program padat karya tunai untuk menopang program TMMD pembuatan jalan tembus Sangkanjaya-Danareja. (Foto: suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)
MEMAPARKAN PROGRAM : Plt Camat Balapulang, Fakihurrakhim memaparkan program padat karya tunai untuk menopang program TMMD pembuatan jalan tembus Sangkanjaya-Danareja. (Foto: suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)

BALAPULANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi Jateng mengizinkan membuka hutan negara di areal Perhutani KPH Pekalongan Barat di Desa Sangkanjaya untuk pembuatan jalan tembus. Jalan baru di Desa Sangkanjaya, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal itu nanti merupakan akses yang menembus tetangga desa.

"Izin Gubernur Jateng untuk membuka hutan negara di areal Perhutani KPH Pekalongan Barat tersebut sudah turun sejak beberapa bulan lalu,’’ jelas Plt Camat Balapulang, Fakihurrakhim, kemarin.

Jalan sepanjang 1,8 kilometer akan menghubungkan Desa Sangkanjaya dan Desa Danareja. Pembuatan jalan tembus tersebut rencananya akan dilakukan lewat program Karya Bakti TNI yang akan dimulai pada Selasa (8/5).

Menurut dia, program Karya Bakti tersebut nantinya akan dibuka langsung oleh Pejabat sementara Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi. Adapun, pembuatan jalan tembus juga akan melintasi areal perbukitan.

Untuk menopang pembuatan jalan tembus, selain Karya Bakti, pemerintah Desa Sangkanja dan Danareja akan mengerahkan warganya lewat program Padat Karya Tunai yang  anggarannya berasal dari dana desa masing-masing.

Saat ini, kondisi jembatan gantung yang menjadi satu-satunya akses keluar masuk desa memprihatinkan. Papan kayu lantai jembatan keropos dan berlubang sehingga membahayakan bagi warga yang melintas di atasnya.


(M Firdaus Ghozali/CN41/SM Network)